jenis rem dan fungsinya


tanggal post : 01 September 2015
jenis rem dan fungsinya

www.dilelang.id Rem bagi kendaraan bermotor merupakan komponen yang sangat vital. Karena merupakan komponen penting pada kendaraan yang berfungsi mengurangi dan menghentikan laju kendaraan bermotor. Kemampuan perangkat pengereman berbanding lurus dengan kemampuan mesin pada kendaraan bermotor.    Jadi semakin besar energi yang dihasilkan mesin suatu kendaraan maka diperlukan perangkat rem yang semakin baik pula.
Kelebihan dari Rem cakram adalah daya pengereman yang dihasilkan cukup baik karena kampas rem menjepit langsung ke cakram yang terhubung langsung keroda. Kelebihan lainnya ialah sistem pendinginan pada rem yang lebih baik karena rem cakram menganut sistem pengereman terbuka dan untuk memaksimalkan pendinginan biasanya pada piringan cakram di buat berongga atau berlubang sehingga panas yang dihasilkan akibat gesekan kampas rem dan cakram dapat tersirkulasikan secara merata.
Kekurangan dari sistem pengereman dengan menggunakan rem cakram (disc brake) adalah karena sifatnya yang terbuka maka sistem pengereman ini sangat rawan dihinggapi kotoran ataupun debu yang dapat mengganggu kinerja komponen pengereman. Maka dari itu diperlukan perawatan rutin bagi kendaraan yang menggunakan rem cakram.
mekanisme kerja rem cakram adalah dengan menggerakkan piston yang kemudian mendorong kanvas rem bergerak menjepit cakram dari dua sisi. Gesekan pada cakram yang berhubungan dengan roda, membuat roda kehilangan kecepatannya dan pada akhirnya berputar lebih lambat dari sebelumnya.
tantangan utama pada sistem pengereman adalah panas. Panas yang dihasilkan dari gesekan yang terjadi antara sepatu rem / cakram akan membuat kinerja rem menurun. Terlebih lagi saat kendaraan menempuh rute yang menurun secara terus menerus membuat kinerja rem sangat berat. Untuk mengatasi kelebihan panas pada rem khususnya rem cakram, beberapa pengguna kendaraan atau cakram berkinerja tinggi menambahkan beberapa lubang pada cakram dengan harapan dapat membantu melepaskan panas dengan cepat.
Ada 3 jenis dan fungsi rem yang kita kenal  dalam kendaraan motor mobil atau kendaraan yang lain yaitu:
1.    Rem Cakram
Rem cakram biasa,  rem yang menggunakan disc brake yang bentuknya menyerupai piring dan cara kerjanya dengan menjepit piringan rem agar kendaraan berhenti.
Rem cakram berventilasi, sama persis dengan rem cakram biasa, namun piringannya lebih tebal seperti bertumpuk, dan ditengahnya ada rongga udara kosong di kisi-kisinya sehingga dinamakan cakram berventilasi.
2.    Rem Tromol
rem tromol dioperasikan melalui satu rem, dan bentuknya seperti baskom, jadi ada dua sepatu rem yang bergerak ke arah samping kiri dan kanan. Seiring berjalannya waktu, rem tromol kini berevolusi menjadi rem tromol depan belakang dengan hidrolik.
Rem angin, yang sebenarnya adalah rem tromol dengan bantuan hidrolik angin sehingga lebih dikenal  menjadi rem angin. Rem ini biasanya digunakan untuk kendaraan-kendaraan berat

 

 


Artikel Terkait

Viewer : 740 User: