Hindari Kesalahan Ini Ketika Mengambil Kredit Motor


tanggal post : 07 August 2015
Hindari Kesalahan Ini Ketika Mengambil Kredit Motor

Transportasi menjadi salah satu masalah yang membuat kita menjadi pusing, terlebih apabila kita tinggal di kota yang besar. Faktor utama yang harus diperhatikan saat berkendara yaitu kemacetan dan kenyamanan. Banyak masyarakat yang lebih memilih membeli motor karena dapat mempersingkat waktu untuk sampai ke tujuan serta lebih efisien untuk mempersingkat waktu dan hal lainnya terutama biaya. Banyak orang berbondong-bondong membeli motor dengan mengajukan kredit. Sekarang sudah banyak yang  tanpa membayar DP pun motor sudah bisa dibawa pulang oleh si pembeli tetapi dikenakan biaya bulanan yang sangat mahal berbeda dengan si pembeli yang menbayar DP besar untuk tagihan bulanannya lebih murah. Bagi Anda yang mau membeli motor dengan cara kredit, berikut kesalahan yang harus dihindari sebelum mengajukan kredit motor :

  • Membeli hanya untu dipamerkan
Masih banyak orang yang membeli motor hanya untuk ajang dipamerkan saat liburan ataupun saat mudik. Hal tersebut harus dihindari karena itu termasuk membeli bukan untuk memenuhi kebutuhan. Ada beberapa orang yang membeli motor  hanya lapar mata saja karena banyaknya merk ataupun fitur yang beredar sekarang ini.
  • Jangan membeli saat hutang menumpuk
Membeli motor secara kredit akan menambah jumlah utang kita setiap bulannya. Oleh karena itu pertimbangkan dahulu saat akan mengajukan untuk pengkreditan motor. Idealnya, utang tidak boleh 30% dari gaji yang diterima. Jika anda memang membeli motor untuk kebutuhan, maka sesuaikanlah gaji anda dan utang anda setiap bulannya.
  • Tidak mencari leasing terbaik
Begitu banyak perusahaan yang bergerak dibidang pembiayaan motor dan banyak juga perusahaan tersebut yang bertindak sangat tidak profesional. Maka carilah perusahaan yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Janganlah malas dalam mencari perbedaan antara dealer yang satu dan yang lainnya.
  • Periode pinjaman yang panjang
Jika anda mengambil kredit motor, usahakan jangan terlalu lama. Maka, bernegosiasilah dengan baik kepada pihak saat akan mengajukan kredit motor. DP yang besar akan membuat cicimlan bulanan anda lebih kecil dan jangka waktu pembayaran lebih pendek. Maka beban utang anda akan semakin ringan.
  • BPKB dan asuransi terabaikan
Pilihlah pihak leasing yang bertanggung jawab penuh terhadap BPKB atau asuransi motor anda. Sehingga, saat anda melunasi pembayaran kredit motor anda BPKB bisa langsung diambil. Pastikan juga asuransi menjaga anda selama proses kredit motor sehingga setiap masalah yang terjadi pada motor anda dapat di klaim secara mudah. Sebaiknya hindari hal-hal diatas sebelum mengajukan kredit motor, agar selanjutnya anda tidak merasa terbebani. Pastikan kebutuhan dan kemampuan anda dalam mengambil kredit motor.      

Artikel Terkait

Viewer : 118 User: