Kesehatan

Manfaat Berjemur di Pagi Hari…


tanggal post : 09 August 2022
Manfaat Berjemur di Pagi Hari…

Manfaat Berjemur di Pagi Hari…

Pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit dan diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D ini dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.

Berikut ini 5 manfaat berjemur di pagi hari, antara lain:

1. Memperkuat kesehatan tulang

Manfaat berjemur di bawah sinar matahari yang paling dikenal adalah meningkatkan kesehatan tulang. Seperti yang sudah diketahui bahwa vitamin D berfungsi untuk merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat memperkuat tulang. Sebuah hasil studi menyebutkan bahwa kandungan vitamin D3 dari sinar matahari ternyata memiliki peran penting untuk kepadatan tulang dan dapat mengatur penyerapan kalsium.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat berjemur di bawah sinar matahari yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Paparan sinar matahari dapat membantu menekan sistem imun yang terlalu aktif, yang dapat menjelaskan mengapa sinar matahari digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis. Selain itu, kandungan vitamin D yang terbentuk dari paparan sinar matahari dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan penyakit, seperti penyakit jantung, multiple sclerosis, beberapa jenis penyakit autoimun dan kanker, serta flu.

3. Menyembuhkan penyakit kulit

Manfaat berjemur di bawah sinar matahari juga dapat membantu proses penyembuhan penyakit kulit, seperti jerawat, psoriasis, eksim, penyakit kuning, dan infeksi pada kulit lainnya. Namun, untuk mencegah efek samping dari radiasi ultraviolet dan memastikan manfaat yang didapat lebih besar dari risiko yang ditimbulkan, sebaiknya para penderita penyakit kulit berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berjemur di bawah sinar matahari.

4. Mengurangi depresi ringan

Manfaat berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk kesehatan berikutnya adalah mengurangi stres. Hasil studi melaporkan bahwa orang-orang yang berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat terhindar dari stres. Pasalnya, sinar matahari memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, yakni suatu hormon yang bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan tenang.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat berjemur di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Ketika sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal dalam otak dan produksi melatonin, suatu hormon yang menimbulkan rasa kantuk dan membantu seseorang untuk tertidur. Sinar matahari akan membuat tubuh memiliki gambaran yang jelas bahwa ini bukanlah malam hari sehingga tubuh akan mempertahankan ritme sirkadian yang normal. Sebaliknya, ketika di luar mulai gelap maka tubuh akan mendapatkan gambaran yang jelas sehingga merasa lelah dan mengantuk jelang waktu tidur.

Waktu berjemur yang baik, pada jam berapa?

Pendapat mengenai waktu berjemur yang baik pada jam berapa, masih beragam di kalangan para ahli kesehatan. Ada yang berpendapat bahwa waktu berjemur di bawah sinar matahari yang baik adalah pada saat pagi hari karena dapat terhindar dari risiko kanker kulit. Namun, ada pendapat lain bahwa waktu berjemur yang baik adalah saat siang hari.

Tips berjemur di bawah sinar matahari agar hasilnya optimal:

  • Cahaya matahari terbaik adalah yang menyinari tubuh secara langsung, bukan hanya sekadar membuat tubuh mengeluarkan keringat. Jadi, upayakan kulit Anda mendapat sinar matahari secara langsung.

  • Saat berjemur di bawah sinar matahari, Anda tidak perlu hanya berdiam diri saja. Lakukanlah aktivitas lain, seperti jalan santai, duduk sambil bermain ponsel atau membaca buku di area terbuka, menyiram bunga, berkebun. mencuci kendaraan, menyapu halaman rumah, dan lain sebagainya.

  • Gunakan pakaian lengan panjang (gunakan warna terang agar sinar matahari dapat mengenai kulit tubuh Anda dengan maksimal), kacamata hitam, dan topi. Terlebih jika ingin berjemur di bawah sinar matahari pada pukul 10.00 pagi agar terhindar dari risiko kanker kulit.

  • Gunakan lotion kulit pelindung sinar matahari yang mengandung setidaknya SPF 24 atau di atasnya.

  • Beristirahat sebentar atau menyudahi berjemur jika kulit mulai terasa panas.

  • Perbanyak asupan air putih apabila ingin menghabiskan waktu yang cukup lama di bawah sinar matahari agar terhindar dari dehidrasi.

Itulah tadi, beberapa manfaat dan juga tips berjemur di pagi hari untuk menjaga kesehatan tubuh semakin optimal. Semoga bermanfaat teman-teman.

http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/658-bikin-tubuh-sehat-ini-5-manfaat-berjemur-di-pagi-hari

 


Artikel Terkait

Viewer : 207 User: