Pemerintah Menantang Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Mengapa?


tanggal post : 24 June 2015
Pemerintah Menantang Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Mengapa?

Jakarta BeliPulsa.id-Pemerintah menantang Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) agar bisa memproduksi mobil sebanyak 2,5 juta unit pada tahun 2020 mendatang. Tantangan itu pun diterima oleh Gaikindo, tapi tidak akan terealisasi di tahun 2020.
Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Noegardjito menuturkan, Gaikindo selalu mengikuti apa yang dikatakan oleh pemerintah, buktinya target penjualan di tahun lalu sudah hampir mencapai target yang telah ditentukan oleh pemerintah.

"Untuk target penjualan dalam negeri sudah sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah, tapi kalau produksi belum. Karena, kalau produksi itu sama dengan penjualan dalam negeri ditambah ekspor," tutur Noegardjito di Jakarta. Menurutnya ekonomi di indonesia saat ini belum relatif baik, dikarenakan naik turunnya kebutuhan masyarakat yang tidak sesuai. Sehingga pelaku usaha masih memikirkan dan melihat hal tersebut, untuk memastikan target dan inflasi menurunnya serta naiknya permintaan bisa terealisasi.

Berbeda dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Pemerintah lebih memilih kebijakan yang mengharuskan memproduksi mobil sebanyak 2,5 juta. Namun Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) Menyatakan tidak terlalu ambisius dengan kebijakan dari pemerintah.

Prediksi Gaikindo itu bukan tanpa alasan karena sekarang ini pasar benar-benar sedang turun, sehingga sangat sulit untuk mencapai target tersebut dengan melihat kondisi pasar seperti saat ini.

melihat rata-rata penjualan dari tahun 2009-2014 sebesar 20 persen dan jika di tahun 2016-2020 mendatang rata-rata pertumbuhan penjualan sebesar 10 persen, maka target tersebut baru akan terealisasi di tahun 2023-2024 mendatang. Karena target pada saat ini sampai 1,1 juta unit. 

Redaktur Reza Ananda


Artikel Terkait

Viewer : 170 User: