Aneka Keuntungan Layanan SMS


tanggal post : 22 June 2015
Aneka Keuntungan Layanan SMS

Layanan SMS (Short Message Service) diciptakan selama akhir 1980-an untuk bekerja dengan teknologi digital yang disebut GSM (Global System for Mobile communications), yang merupakan dasar untuk ponsel paling modern. Para insinyur Norwegia yang menciptakannya menginginkan sebuah sistem pesan yang sangat sederhana yang bekerja ketika ponsel dimatikan atau di luar jangkauan sinyal. Sebagian besar sumber setuju bahwa pesan SMS pertama dikirim di Inggris pada tahun 1992.
SMS memiliki beberapa keunggulan. Hal merupakan bentuk yang ideal untuk berkomunikasi ketika Anda tidak ingin didengar. Selain itu layanan SMS tidak memakan waktu lama daripada membuat panggilan telepon atau mengirim e-mail. SMS tidak mengharuskan Anda untuk berada di depan komputer Anda seperti email dan pesan instan (IM), meskipun beberapa ponsel dilengkapi dengan mobile email dan layanan IM. SMS juga merupakan cara yang nyaman untuk orang-orang kurang pendengarannya atau bahkan tuli untuk berkomunikasi.
SMS adalah layanan store-and-forward, yang berarti bahwa ketika Anda mengirim pesan teks ke teman, pesan tidak langsung ke ponsel teman Anda. Keuntungan dari metode ini adalah bahwa ponsel teman Anda tidak harus aktif atau dalam jangkauan bagi Anda untuk mengirim pesan. Pesan disimpan dalam SMSC (SMS Center) sampai teman Anda menghidupkan ponselnya di atau kembali berada dalam jangkauan, di mana pesan dapat disampaikan. Kemudian pesan akan tetap tersimpan pada kartu SIM teman Anda sampai dia menghapusnya.
Selain mengirim pesan perseorangan, layanan SMS dapat digunakan untuk mengirim pesan ke sejumlah besar orang pada suatu waktu, baik dari daftar kontak atau untuk semua pengguna dalam suatu area tertentu. Layanan ini disebut "broadcast"� dan digunakan oleh perusahaan untuk menghubungi kelompok karyawan atau dengan layanan online untuk mendistribusikan berita dan informasi lainnya untuk pelanggan.
Dalam studi Universitas Plymouth 2004 tentang psikologi pengguna SMS, peneliti menemukan bahwa pengguna ponsel kebanyakan adalah "pengirim SMS" atau "penelpon". Dibandingkan dengan penelpon, pengguna yang mengemari SMS lebih banyak hampir dua kali lipat. Menurut mereka, SMS memberikan pilihan untuk memeriksa pesan sebelum mengirimnya.
SMS juga tidak membebani jaringan sebanyak panggilan telepon, layanan ini sering digunakan oleh acara TV untuk memberikan suara pada topik jajak pendapat atau voting kontestan. Mesin pencari Internet atau search engine seperti Yahoo! dan Google memiliki layanan SMS yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi seperti arah mengemudi, jadwal pemutaran film atau daftar bisnis lokal hanya dengan meng-SMS query ke nomor telepon search engine. Beberapa jejaring sosial juga menggunakan layanan SMS untuk mengirimkan kode verifikasi.
Paseban pun sebagai salah satu jejaring sosial Indonesia datang dengan menggunakan banyak kelebihan dari layanan SMS ini. Bagi Anda member Paseban bahkan bisa mengirimkan SMS melalui layanan message yang berada di Community dan ini dapat dilakukan walaupun Anda tidak mengetahui nomor handphone teman Anda tersebut. Ingin tahu bagaimana caranya? Tetap ikuti ifnformasi selanjutnya dari belipulsa.id .
 
 
Redaktur oleh Natalia br Barus 

Artikel Terkait

Viewer : 890 User: