Jenis Makanan dan Minuman yang harus di Hindari Saat Buka Puasa


tanggal post : 20 June 2015
Jenis Makanan dan Minuman yang harus di Hindari Saat Buka Puasa

Setelah perut kosong selama 13 sampai 14 jam karena berpuasa, bukan berarti saat adzan maghrib kita bisa “balas dendam” alias makan tanpa batas sampai kekenyangan (dalam bahasa Sunda disebut kamerkaan). Karena makna dari puasa adalah mengendalikan, bukan menahan. Artinya saat buka puasa pun, sebaiknya nafsu makan kita harus dikendalikan.
Berikut ini adalah makanan dan minuman yang harus dihindari saat buka puasa:
1.Takjil manis berlebihan
Mengawali berbuka puasa dengan takjil manis memang dianjurkan, namun jangan berlebihan. Setelah menyantap kolak tidak perlu dilanjutkan dengan minum es teh manis dan es campur. Pilih saja air putih untuk menemani makan dan buah segar untuk mencuci mulut.
2.Makanan Bersantan
Ini merupakan salah satu yang terberat , karena makanan bersantan seperti halnya kolak sangat mudah dijumpai di bulan Ramadhan. Dengan mengkonsumsi makanan bersantan tentu saja akan menyebabkan kadar kolesterolnya meningkat, tekanan darahnya naik dan kadar gula darah melambung. Makanan bersantan juga merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memicu penyakit pembuluh darah seperti stroke, jantung, serta kenaikan kadar asam urat, dan lain sebagainya.
Untuk tetap menjaga kesehatan selama berpuasa bukan berarti Anda dilarang mengkonsumsi makanan bersantan, akan tetapi konsumsi dengan bijak dan tepat.
3.Makanan Berlemak
Seperti kita tahu bahwa makanan yang digoreng dalam rendaman minyak merupakan salah satu jenis makanan yang berlemak. Untuk itu sebaiknya hindari saat sahur atau pun berbuka. Kandungan lemak memang akan membuat gurih pada masakan, akan tetapi makanan yang mengandung banyak lemak sangat tidak dianjurkan, tentu saja akan menyebabkan kegemukan, berbagai gangguan pencernaan serta nyeri di ulu hati. Dengan mengkonsumsi makanan berlemak juga akan membuat perut cepat kenyang, sehingga makanan lain yang lebih bernutrisi tidak selera untuk dikonsumsi.
4.Makanan Berat
Seperti yang di anjurkan Nabi bahwa berbuka dengan yang manis tentulah sangat tepat. Karena dengan berbukalah hanya dengan makanan ringan dulu, agar lambung tidak kaget. Sebaiknya apabila Anda berbuka langsung dengan makanan berat, maka bisa jadi pencernaan Anda akan kaget sehingga lambung harus langsung bekerja mencerna makanan setelah sebelumnya beristirahat bekerja selama sepanjang hari. Selain itu biasakan juga mengunyah makanan dengan baik karena dengan ini akan dapat meringankan kerja pencernaan.
5.Minuman Bersoda
Mungkin Anda merupakan salah satu penggemar minuman bersoda, akan tetapi pada bulan yang mulia ini sebaiknya Anda harus menghindarinya. Mengapa demikian ? Karena soda dapat menyebabkan gangguan pada perut dan dapat berakibat pada terganggunya sistem pencernaan tubuh. Kandungan air soda sangat mudah menyerap air. Sehingga walaupun kita mengkonsumsi banyak minuman bersoda, tubuh kita tetap  tidak akan merasa kenyang dan juga tidak akan meredakan rasa haus, malah sebaliknya dimana Anda akan jadi lebih mudah merasakan haus.
6.Minuman Dingin
Tentu saja setelah seharian berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan akan merasa kehausan. Dengan kondisi ini kebanyakan orang akan sangat menginginkan minuman dingin yang menyegarkan. Tapi ternyata dengan kebiasaan mengkonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa merupakan salah satu kebiasaan yang tidak sehat karena dapat menyebabkan kontraksi pada lambung.
Redaktur Oleh Natlia br Barus
7.Kopi
Kafein pada kopi sangat tidak baik untuk lambung kita apalagi saat berpuasa lambung kita tidak terisi lebih dari 14 jam. Secara otomatis asam lambung akan meningkat. Kopi sendiri merangsang pengeluaran asam lambung. Produksi asam lambung berlebih akan membuat kita merasa mual.
8.Gorengan
Gorengan yang gurih renyah sering menjadi menu takjil. Sebut saja mendoan, tahu isi, dan risol. Padahal, gorengan tinggi lemak dan dapat mengganggu proses pencernaan. Batasi konsumsi gorengan selama bulan puasa agar tubuh tetap bugar.
9.Makanan Pedas dan Mengandung Banyak Merica
Hati-hati mengkonsumsi makanan pedas karena makanan pedas dapat merusak dinding lambung. Karena dinding lambung juga sensitif terhadap pedas.
10.Makanan Yang Mengandung Coklat dan Keju Berlebih
Sebaiknya hindari makanan ini atau jangan dikonsumsi berlebihan. Sebabnya, makanan ini sulit dicerna yang menyebabkan lambat untuk memproses pencernaannya. Sehingga perut bisa menjadi kembung.
 
Redaktur Oleh : Natalia Br Barus 

Artikel Terkait

Viewer : 237 User: