Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh


tanggal post : 01 September 2015
Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Kacang hijau merupakan salah satu makanan populer di Indonesia. Kacang hijau dapat Anda temui hampir di semua masyarakat kita sebagai salah satu makanan yang sering dikonsumsi.
 
Kacang hijau termasuk dalam golongan polong-polongan, berbeda dengan jenis kacang-kacangan. Di Indonesia, kacang hijau sudah sangat familiar. Berbagai makanan seperti onde-onde, kolak, bubur dapat dibuat dari kacang hijau. Yang lebih istimewa, kacang hijau dapat dijadikan tepung biji kacang hijau atau yang biasa disebut tepung hunkwe. Tepung hunkwe digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kue,es krim tradisional, dan mie soun.
 
 
 
Kacang hijau juga mudah berkecambah, kecambah kacang hijau biasa kita kenal dengan tauge. Kacang hijau dalam bentuk kecambah mengandung enzim-enzim aktif salah satunya amilase yang membantu dalam metabolisme karbohidrat. Selain rasanya yang gurih dan lezat, kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan .
 
Kacang hijau merupakan sumber alternatif protein nabati. Kacang hijau mengandung protein tinggise banyak 7 gr/100 gr. Protein yang terkandung memiliki asam amino lengkap. Protein pada kecambah kacang hijau sudah berkurang jumlahnya yaitu hanya 3 gr/100 gr, tetapi asam aminonya sebagian dalam bentuk bebas yangcepat diserap tubuh.
 
Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sekitar 7,6 gr/100 gr. Kandungan serat ini mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebesar 30%. Serat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi (sembelit).
 
  
 
 
Karbohidrat yang terkandung dalam kacang hijau adalah 19 gr/100 gr. Cukup rendah dan baik untuk dikonsumsi dalam program diet maupun program pembentukan badan (muscle building).
 
Asam lemak esensial yang terkandung dalam kacang hijau adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.
 
"Setiap ada awal pasti ada akhir, setiap masalah pasti ada solusi, percaya diri dan bahagia menanti" 
Redaktur Reza 

Untuk mendaftar jadi agen pulsa klik gambar di bawah ini 
  

Artikel Terkait

Viewer : 764 User: