Jangan Teriming-iming dengan Diskon Gila-gilaan

Hati-hati Penipuan Danmogot Palsu


Hati-hati Penipuan Danmogot Palsu

Berkembangnya tren Belanja Online Bersama & teknologi saat ini, membuka celah bagi para pelaku kejahatan untuk melakukan aksi penipuan di dunia maya.

Modus penipuan yg dilakukan pun sangat banyak cara dan beragam, salah satunya broadcast penawaran diskon produk melalui sosial media dengan harga yg lebih murah dan fantastic. Biasanya si pelaku mengatasnamakan perusahaan tertentu dan dia telah mengenal & mempelajari semua seluk-beluk perusahaan itu, sehingga aksinya untuk mengelabui customer berjalan dengan mulus tanpa membuat si customer curiga sedikit pu. Tentu hal ini sangat merugikan para pengguna dan penyedia jasa jual beli online.

Aksi yg seperti ini sudah sering dialamai oleh Customer Danmogot.com akhir-akhir ini. Dimana ada banyak korban yang sudah terlanjut mentransfer uangnya kepada si pelaku hanya karena tergiur dengan harga yg lebih murah atau diskon gila-gilaan yg ditawarkan oleh si pelaku. 

Biasanya para pelaku melakukan aksinya (broadcast) melalui BBM (BlackBerry Messenger). Kenapa harus melalui BBM? Karena chat di BBM bisa ditarik (Retract) setelah selesai chatting, sehingga si pelaku akan menghilangkan jejak alat bukti percakapan saat customer sudah terjaring dan juga medelcont (Delete Contact) si korban. Jadi, si korban akan kesusahan untuk mendapatkan screenshoot bukti  percakapan dengan si pelaku.

 

Untuk menghindari hal-hal penipuan diatas, sedikit kami uraikan beberapa tips di bawah, untuk membantu customer kami lebih aman dan berhati-hati dalam Belanja Online Bersama. 

Tips Belanja Aman agar Tidak Tertipu Danmogot Palsu

  • Danmogot.com tidak pernah meminta customer untuk mentransfer pembayaran transaksi orderan ke rekening perorangan/pribadi selain ke rekening PT. RAKSASA INDONESIA.
  • Kalau merasa ragu dengan si penjual, minta foto KTP dan rekeningnya atau juga minta dia foto dengan gaya/ekpresi yg tidak biasa/yg susah dicari di Internet. (Contohnya : Berfoto di depan kantor Danmogot dengan memegang hidung atau dengan mengangkat kaki satu).
  • Selalu capture/screenshoot percakapan yg penting, sehingga ada backup data percakapan ketika si pelaku menarik kembali percakapannya.
  •  Selalu simpan bukti transfer uang ke rekening si pelaku/penjual.

Bagaimana Cara melaporkan jika saya sudah tertipu? Nah, Selama ini karena minimnya akan informasi yg didapatkan membuat kita hanya pasrah akan keadaan saat sudah tertipu. Padahal kasus penipuan yg seperti ini bisa dilaporkan ke pihak berwajib, ke bank yg kita digunakan untuk dibekukan/ditunda transaksinya atau juga ke bank tujuan (Bank yg dipakai Penipu/Penjual) untuk diblokir atau ditelusuri datanya. Berikut ini kami uraikan sedikit prosedur untuk melaporkan kasus penipuan saat belanja online :

Cara Melaporkan Kasus Penipuan Belanja Online :

  • Cara 1 : Segera datangin kantor Polisi terdekat dengan membawa bukti transfer/transaksi dan juga bukti (capture/screenshoot) percakapan dengan si pelaku, lalu ceritakan kronologis dari masalah tersebut, nanti pihat kepolisian yang akan mencari tahu dan menutaskan masalah ini.
  • Cara 2 : Jika transaksi baru saja terjadi, segera datangin/telpon bank yg kamu pakai saat transfer uang kepada si pelaku/penjual, lalu jelaskan kronologi penipuannya, maka secara otomatis bank akan segera membekukan dana yg ditransfer sehingga uang tersebut tidak sampai kepada si Pelaku/Penjual.
  • Cara 3 : Jika transaksi sudah sangat lama, maka yg perlu dilakukan : Siapkan Bukti Transaksi & Data Penipu seperti bukti transfer, bukti percakapan dengan si penipu, nama & nomo rekening rekening tujuan (penipu), nomor hp atau sosmednya.  Setelah itu, Lengkapi Data Kamu, seperti fotokopy ktp, kronologi penipuan, surat permintaan blokir rekening si pelaku dengan tanda tangan di atas materai dan juga surat keterangan laporan ke kepolisian setempat. Setelah data ini semua sudah terkumpul, Datangin Kantor Bank Tujuan (Bank Si pelaku/penjual) dengan membawa data tadi. Tunggu sampai bank tersebut mengklarivikasi data anda, jika data akurat maka uang anda akan dikembalikan.

Demikian Sedikit info dan tips buat customer setiap Danmogot.com, semoga bermanfaat dan dapat digunakan saat Belanja Online Bersama.

 

 

 

  


selamat hari puasa

Artikel Terkait

Viewer : 0