Duduk Terlalu Lama Ternyata Dapat Menyebabkan Kematian Lebih Cepat


tanggal post : 10 August 2015
Duduk Terlalu Lama Ternyata Dapat Menyebabkan Kematian Lebih Cepat

Kebanyakan orang saat ini diharuskan untuk duduk berjam-jam karena tuntutan pekerjaan, ternyata duduk seharian sama dengan meninggal secara perlahan.
 
Mengapa demikian? Duduk berjam-jam dapat menurunkan aktivitas gerak tubuh, jika hal ini dibiarkan dalam waktu yang cukup lama maka dapat mengganggu kesehatan bahkan dapat memicu kematian seseorang.
 
 
 
 
 
Banyak yang berpendapat bahwa duduk seharian full dapat mengakibatkan kematian seseorang karena kondisi ini dapat mempengaruhi sistem kerja saraf pada organ tubuh manusia.
 
Ada beberapa alasan yang mengakibatkan seseorang dapat mengalami kematian jika duduk terlalu lama, berikut adalah 5 alasan duduk seharian bikin kamu cepat meninggal:
 
1. Tubuh mengeluarkan energi dalam skala rendah
 
Duduk merupakan salah satu posisi yang dapat mengeluarkan energi dalam skala rendah karena tubuh tidak banyak melakukan aktivitas atau gerakan, jika hal ini dibiarkan selama jangka waktu yang cukup lama maka dapat mengganggu kesehatan tubuh dan bahkan dapat berujung pada kematian seseorang.
 
2. Lambatnya proses metabolisme tubuh
 
Duduk terlalu lama ternyata juga dapat menurunkan kerja otot-otot tubuh sehingga dapat mempengaruhi proses metabolisme tubuh dan bahkan dapat memperlambat proses ini. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus maka dapat mengakibatkan melemahnya kondisi tubuh dan bahkan dapat memicu kematian.
 
3. Buruknya postur tubuh
 
Posisi duduk terlalu lama dapat menekan posisi tulang belakang dan panggul miring kebelakang sehingga dapat berdampak pada postur tubuh yang buruk. Bahkan ada beberapa kelainan tulang punggung yang disebabkan oleh kesalahan dalam posisi duduk, diantaranya adalah:
 
Lordosis
Lordosis merupakan kelainan tulang punggung bagian perut agak melengkung kedepan sehingga posisi perut terlihat maju kedepan. Dalam bahasa jawa biasa disebut dengan ‘ndegeg’.
 
Kifosis
Kifosis merupakan kelainan tulang punggung yang melengkung ke depan sehingga seseorang yang mengalami kelainan ini terlihat membungkuk.
 
Skoliosis
Skoliosis merupakan kelainan tulang punggung yang memiliki posisi seperti huruf ‘S’ atau posisi tulang punggung yang terlalu menyamping ke kanan atau ke kiri.
 
Ketiga kelainan diatas disebabkan oleh kesalahan dalam posisi duduk yang telah dilakukan dalam jangka waktu lama dan kelainan tersebut dapat memperburuk postur tubuh kita.

4. Mengakibatkan cidera tulang belakang
 
Ternyata duduk seharian dapat mengakibatkan cidera tulang belakang dan jika hal ini tidak segera ditangani maka dapat mengakibatkan kematian.
 
5. Menyebabkan penyakit mematikan
 
Duduk seharian ternyata bisa mempercepat kematian karena dapat memicu timbulnya penyakit kronis dan mematikan. Berikut adalah beberapa penyakit kronis yang disebabkan duduk seharian.
  
  
 
   
Diabetes
Para peneliti yang berasal dari University of Missouri menemukan fakta bahwa penyakit diabetes dapat disebabkan oleh kebiasaan duduk terlalu lama atau duduk seharian.

Penyakit jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbesar didunia. Ternyata penyakit ini juga dapat disebabkan karena terlalu banyak duduk yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang saat ini karena tuntutan pekerjaan. Sehingga para karyawan saat ini berisiko besar terserang penyakit jantung yang dapat memicu kematian. Ini merupakan salah satu penyakit kronis akibat duduk seharian, mati secara perlahan.
 
Kanker
Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang karena penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan dapat mengakibatkan kematian. Penyakit ini biasa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat tetapi ternyata kebiasaan duduk terlalu lama dapat menyebabkan munculnya penyakit ini juga.
 
Ada penelitian lain yang telah ditulis dalam American Journal yang menyatakan bahwa kebiasaan duduk seharian yaitu sekitar 6 jam atau lebih dapat memicu resiko kematian 40% lebih cepat pada wanita, sedangkan pada laki-laki dapat memicu resiko kematian lebih cepat 18%.
 
Itulah beberapa alasan mengapa duduk seharian dapat memicu gangguan kesehatan dan bahkan duduk seharian sama dengan mati secara perlahan.
 

Download aplikasi Isipulsa.co.id  dibawah ini, klik gambarnya 
 
Untuk mendaftar jadi agen pulsa klik gambar di bawah ini 
 



Redaktur Reza
 
 

Artikel Terkait

Viewer : 485 User: