Penyebab Rasa Ngantuk yang Berlebihan


tanggal post : 27 July 2015
Penyebab Rasa Ngantuk yang Berlebihan

BELI PULSA -Mengantuk adalah penyakit yang menular, pernah denger statment itu? Sebenernya pernyataan itu nggak sepenuhnya salah tapi juga nggak sepenuhnya benar. Mengantuk itu bukanlah suatu penyakit, melainkan respon tubuh karena penurunan oksigen di otak. Dan mengantuk disebut menular karena kalau temen kita ngantuk, pasti bawaannya kita juga akan ikut ngantuk, jadi sebenarnya bukan tertular ngantuk melainkan respon tubuh kita sendiri.
Melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi terlalu lama misal saat belaja, bekerja atau mengendarai motor ngantuk selalu menjadi masalah utama.rasa ngantuk yang timbul disaat-saat seperti itu tentu sangat mengganggu terlebih saat berkendara, mengantuk sangat membahayakan. Bahkan pak polisi pun sudah memberikan himbauan agar beristirahat sejenak saat mengantuk karena mengantuk merupakan penyebab utama dari kecelakaan.

  

Cara Mengatasi Ngantuk Berlebihan

Sebelum kita tahu bagaimana cara mengatasi ngantuk, nggak ada salahnya kalau kita juga mencari tahu hal – hal apa saja yang dapat menyebabkan kantuk ini. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kantuk:

Kurang olahraga
Olahraga yang cukup akan membuat badan menjadi segar dan juga membuat peredaran darah menjadi lancar. Tubuh yang lemas, tidak berenergi bisa juga disebabkan karena kurangnya olahraga, namun melakukan olahraga terlalu berat pun juga akan menjadikan tubuh kelelahan yang akan memicu rasa kantuk.
Terlalu kenyang
Terlalu banyak asupan karbohidrat juga bisa menyebabkan kantuk, setiap kali sobat makan kekenyangan sudah dipastikan sobat akan merasa ngantuk.
Konsentrasi dan kegiatan yang monoton
Berkonsentrasi dan juga melakukan kegiatan yang monoton akan membuat otak merasa jenuh, sealin itu konsentrasi yang berlebih jjuga bisa membuat kadar oksigen dalam darah ikut turun.
Anemia
Penyakit yang satu ini juga dapat mempengaruhi rasa ngantuk. anemia merupakan suatu penyakit dimana zat besi kurang dari normal sehingga oksigen yang diankut oleh sel darah merah tidak cukup untuk menyuplai otak, hal ini juga bisa memicu timbulnya rasa ngantuk.

 

 

Redaktur oleh Natalia br Barus

Klik Pulsa Murah 


Artikel Terkait

Viewer : 384 User: