Team, Kerja Sama

Kerja Sama Tim Adalah Kunci Keberhasilan


tanggal post : 27 July 2020
Kerja Sama Tim Adalah Kunci Keberhasilan

KERJA SAMA TIM ADALAH KUNCI KEBERHASILAN

 

            Tim adalah suatu kumpulan orang-orang yang dibentuk untuk menyelesaikan atau mengerjakan suatu pekerjaan yang dibuat oleh pemimpinnya.

Sebuah tim dibentuk untuk meningkatkan kekuatan suatu kelompok dalam mengerjakan pekerjaan. Kekuatan yang dimaksud bukan kekuatan fisik, tetapi kekuatan untuk mempercepat pekerjaan dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Bukan hanya untuk mempercepat pekerjaan saja, dibentuknya tim juga berguna untuk memudahkan pekerjaan tersebut. Dengan dibentuknya tim, pekerjaan semakin mudah karena pekerjaan yang diberikan akan dibagi-bagi kepada rekan tim yang lain. Setelah masing-masing anggota tim selesai mengerjakan bagiannya, maka disatukan menjadi satu dan diperiksa kembali agar tidak ada yang kurang.

Bekerja sama didalam tim memiliki manfaat yang banyak, antara lain sebagai berikut:

  1. Menciptakan rasa percaya diri

            Rasa percaya diri dapat tercipta dari kerja sama yang dilakukan bersama tim. Cara terciptanya yaitu dengan kita berdiskusi dengan tim. Dengan berdiskusi, pasti kita menenmukan hal yang kita tidak setujui. Dari situ kita akan memberi pendapat kita sendiri dan disitulah tercipta kepercayaan atas diri kita sendiri.

  1. Menghargai orang lain

            Dengan adanya diskusi dalam suatu tim untuk memecahkan kasus atau mengerjakan tugas, kita akan mendengarkan pendapat orang terlebih dahulu. Dengan cara begitu, kita harus menghargai apa yang dia bilang, sehingga ketika kita bicara akan dihargai juga oleh rekan tim kita.

  1. Bersosialisasi dengan mudah dan berpikiran terbuka

            Berada didalam tim akan membuat kita banyak berdiskusi dengan rekan tim yang lain. Diskusi yang kita lakukan akan memperlancar cara kita berbicara dengan orang lain dengan sopan dan baik. Dan juga, bekerja sama juga mebuat kita mendapat pengalaman baru dan ilmu-ilmu yang kita tidak ketahui sebelumnya.

            Didalam dunia karir, kerja sama adalah suatu dasar atau pondasi yang diperlukan untuk setiap perusahaan. Jika sebuah perusahaan tidak memiliki kerja sama ataupun tim, dapat dijamin bahwa perusahaan tersebut tidak akan berkembang dengan baik. Tidak hanya dalam karir saja, akan tetapi di lain bidang seperti olahraga juga membutuhkan kerja sama yang tinggi. Kunci keberhasilan dari segala hal adalah saling bekerja sama.


Artikel Terkait

Viewer : 110 User: