FYI, Funfact

8 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk


tanggal post : 11 December 2018
8 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

 

Rasa ngantuk bisa timbul kapan saja, termasuk saat belajar, bekerja atau bahkan saat menyetir kendaraan. Gejala yang sering mengiringi rasa ngantuk, termasuk sulit berkonsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi.Bekerja adalah tanggung jawab yang mau tidak mau harus kamu lakoni setiap harinya. Selarut apapun kamu tidur malamnya, kamu harus tetap bangun dan terjaga selama di kantor. Kalau kamu menyerah pada kantuk saat bekerja, bisa-bisa pekerjaanmu berantakan. Berikut akan kami berikan cara-cara menghilangkan kantuk.

  1. Mendengarkan Musik

Sebuah studi yang dilakukan di Taiwan menemukan, orang yang mendengarkan musik sebelum mengerjakan ujian cenderung memiliki level konsentrasi lebih tinggi dibanding yang tidak mendengar musik.

 

  1. Sarapan Pagi

Rasa mengantuk datang tidak hanya di malam hari, tetapi bisa juga di pagi hari. Rasa mengantuk juga disebabkan oleh rasa lelah, bukan hanya jam tidur yang kurang. Ketika kita melewatkan sarapan di pagi hari, rasa lapar akan datang lebih cepat, akibatnya kita tidak memiliki energi dan lebih mudah mengantuk. Menurut peneliti Inggris di Cardiff University mengemukakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi sereal akan lebih mudah terhindar dari stress. Sarapan membuktikan bahwa kinerja fisik dan mental dapat berjalan dengan baik sepanjang hari daripada yang tidak melakukan sarapan. Namun perlu diperhatikan dalam memilih sarapan, hindari makanan yang berat yang mengandung banyak karbohidrat. Anda bisa mencoba buah, sereal, roti, jika tidak terbiasa Anda bisa mengurangi porsi nasi yang akan dimakan untuk waktu sarapan.

 

  1. Minyak Angin

Biasanya, dinginnya ruang ber AC menjadi penyebab utama rasa kantuk datang saat di kelas. Kamu bisa mengoleskan minyak angin saat kelas tengah berlangsung. Cara ini cukup ampuh menghilangkan kantuk

 

  1. Camilan

Sempatkan waktu untuk ngemil makanan setiap tiga sampai empat jam, untuk menghindari rasa lapar yang berlebihan. Ketika merasa lapar berlebihan, akhirnya kita akan mengkonsumsi karbo dalam jumlah yang banyak, hal ini dapat mendatangkan rasa kantuk setelah makan. Menurut Roberta Anding, R.D., pembicara dari the American Dietetic Association (ADA), ngemil dapat berfungsi untuk menstabilkan gula darah. Anda bisa mencoba biskuit gandum, granola, buah, atau yoghurt rendah lemak sebagai camilan. Jika rasa kantuk datang pada malam hari, usahakan untuk menyemil buah yang mudah dicerna, sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Masyarakat Indonesia

  1. Jangan begadang malam

Kalau kamu sudah paham betapa merepotkannya harus ngantuk saat kerja, jangan lagi tidur larut. Kesehatan itu penting dan kurang tidur jelas akan mempengaruhi kesehatan badanmu.

Kamu harus memaksa matamu untuk tetap terbuka karena kamu harus selalu melakukan tanggung jawabmu dengan baik. Tidak lucu kan, saat pekerjaanmu sangat dibutuhkan untuk pekerjaan orang lain tapi kamu malah tertidur kelelahan?

 

  1. Olahraga ringan

Olahraga ringan mampu membuat adrenalin terpacu, sehingga kembali waspada. Anda hanya perlu meregangkan otot-otot, stretching ringan atau lompat-lompat pelan. Anda juga bisa berjalan-jalan ke luar ruangan sebentar untuk menghirup udara segar.

 

 

  1. Mencuci muka

Mencuci muka atau mandi dapat menghilangkan rasa kantuk. Tubuh akan kembali segar. Berdasarkan penemuan di Journal of Personality and Social Psychology, terapi air dapat menetralisir suasana hati dan membangkitkan energi saat merasa kewalahan.

 

  1. Tarik Nafas Dalam-dalam

Rasa kantuk bisa terjadi karena minimnya oksigen yang mengalir ke otak. Salah satu penyebabnya mungkin kamu kelelahan atau asupan nutrisimu kurang. Karena kamu nggak bisa makan atau tidur, cobalah untuk menyiasati kekurangan oksigen ini dengan menarik napas dalam-dalam.

Caranya, ambil napas panjang dari hidung, tahan 5 detik lalu hembuskan lewat mulut secara maksimal. Lakukan sebanyak 3 kali. Dengan ini, kadar oksigen dalam darahmu akan meningkat, sehingga kamu bisa lebih fresh dan semangat lagi.


Artikel Terkait

Viewer : 866 User: