Peringatan Maulid Nabi, Muhammad SAW, Hari Nasional

Yuk Intip Tradisi Dalam Memperingati Maulid Nabi Dari Berbagai Negara


Yuk Intip Tradisi Dalam Memperingati Maulid Nabi Dari Berbagai Negara

Perayaan Maulid Nabi atau Kelahiran Nabi Muhammad sudah menjadi bagian dari hari libur Nasional. Maulid Nabi Muhammad SAW ini biasanya diperingati setiap 12 Rabiul Awal jika dalam kalender Islam. Sedangkan jika menurut kalender nasional, Maulid Nabi Muhammad SAW bakal berlangsung pada 20 November 2018 nanti.

Bagi umat Islam yang mengekspresikan kegembiraan dan rasa syukurnya atas kelahiran Nabi Muhammad, mereka melukiskannya dalam bentuk perayaan dan acara-acara di negara dan daerah masing-masing. Berikut ini beberapa tradisi dari negara lain dalam memperingati  Maulid Nabi Muhammad SAW :

  1. Mesir dan Palestina Memperingatinya Dengan Berbagai Festival

Jika Anda datang ke lokasi peringatan Maulid Nabi yang diadakan setiap 12 Rabiul Awal, akan terlihat berbagai aliran tarekat dengan pakaian khas dan spanduk identitas masing-masing berkumpul di sana. Sambil meliuk-liuk penuh semangat para pengikut tarekat mengikuti imam masing-masing mendengarkan pujian untuk kekasih tercinta, Nabi Muhammad SAW. Adakalanya mereka diam khusuk mendengar sejarah Nabi dibacakan seorang anggota, dan pada saat lain mereka bersahutan membaca kalimat “Allah … Allah…”. Irama dan gaya liukan dalam zikir masing-masing aliran tarekat tidak sama. Begitu juga bacaan zikir dan sholawat mereka beragam, tapi intinya sama, yaitu mengagungkan Tuhan, memuji dan mengingat sejarah Nabi Muhammad SAW. Di antara aliran tarekat ada pula yang menampilkan gerakan akrobatik, seperti debus di Indonesia. Mereka meliuk-liukkan pedang kayu sambil berjalan di atas leher para anggota. Bahkan di daerah Zagazig konon ada atraksi yang lebih menarik, yaitu menusukkan pedang ke pipi dan mencabutnya kembali tanpa ada luka sedikitpun. Untuk

  1. Brunai Darussalam Memperingatinya Dengan Kegiatan Keagamaan

Berbeda dengan Mesir dan Palestina yang memperingati dengan festival meriah, Brunai Darussalam lebih memilih memperingatinya dengan kegiatan yang religius. Tradisi turun temurun yang diadakan sejak zaman dulu kala sejak pemerintahan Sultan yang pertama yaitu selalu memeriahkan Maulid Nabi dengan berbagai kegiataan keagamaan. Dan puncak dari acara menyambut Maulid Nabi yaitu dengan mengadakan acara “Perarakan Agung ” yang di pimpin langsung oleh Kebawa Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolqiah Mu’izzadin Waddaulah Sultan yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam. Semua itu diikuti juga oleh Adinda serta Ananda ananda Sultan dan yang pasti acara Perarakan Agung ini di hadiri dan ikuti oleh semua elemen masyarakat baik itu dari kepolisian, masyarakat awam atau pun anak anak sekolah seluruh Negara. Perarakan ini menyulusuri seluruh Kota Bandar Seri Begawan sejauh 4.3 Kilometer dan perjalanannya langsung di pimpin oleh Sultan dan ikuti oleh berisan lapisan masyarakat sambil tetap melaungkan sholawat dan Salam kepada Junjungan Kaum Muslimin semua yaitu Nabi Muhammad SAW.

  1. Turki Memperingatinya Dengan Cara Mengenang

Peringatan maulid Nabi di Turki merupakan pendidikan bagi masyarakat, agar mereka menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan satu-satunya. Para ulama Turki bekerja sama dengan pemimpin setempat menyelenggarakan peringatan maulid Nabi, dan mengarahkan masyarakat meneladani Nabi Muhammad SAW. Selama beberapa hari berlangsung peringatan hari kelahiran Nabi itu, benar-benar menjadi ajang syiar dan dakwah, yang tujuannya menghidupkan kembali ghirah masyarakat kembali kepada Islam, dan mencintai serta meneledani Nabi Muhammad SAW. Perayaan kelahiran dipandang sebagai kesempatan lebih memahami Nabi Muhammad SAW ,dan memperkuat perasaan solidaritas, persaudaraan serta kesatuan dalam masyarakat Islam dalam menjunjung tinggi sunnah-sunnah Nabi.

Nah itulah beberapa tradisi dari beberapa negara dalam memperingati Maulid Nabi, di Indonesia sendiri  sebagai negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia memiliki tradisi perayaan maulid yang beragam. Hari kelahiran Nabi Muhammad menjadi salah satu hari libur resmi di sini. Setiap tahun, di istana negara digelar pengajian peringatan Maulid Nabi. Begitu pula di kota-kota lainnya, baik di masjid, lapangan, hingga rumah-rumah warga.

Kami dari danmogot mengucapkan selamat memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW semoga kita bisa meneladani Nabi Muhammad untuk hidup yang lebih baik lagi selanjutnya. Sama dengan harapan konsumen danmogot juga sedang berusaha menjadi lebih baik lagi dengan meningkatkan layanan kami terhadap konsumen. Diawal yang baru ini Danmogot semakin lengkap dengan produk terbarunya yaitu Madman Kart 200cc hanya dengan  harga Rp. 14,5 jt anda sudah bisa mendapatkannya.

Jika anda berniat mendapatkannya bisa mengunjungi kami disitus belanja kami https://danmogot.com. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi CSO kami : 0823 12 633 633/ 0822 99 777 633. Bisa juga langsung datang ke gedung concept.id di Jl. Alfalah Gedung Concept.id No 19, Suka subur, Simpang STM, Medan.

Kami akan melayani pembelian offline ataupun online secara baik.


Artikel Terkait

Viewer : 47