Makanan, Lebaran, Ketupat, Bullet express

Beberapa Makna di Balik Makanan Khas Lebaran, Ketupat.


Beberapa Makna di Balik Makanan Khas Lebaran, Ketupat.

Dimulai dari hari pertama Ramadhan, gambar dan hiasan Ketupat undah pada nangkring di setiap aksi promosi bisnis, khususnya bisnis e-commerce nih. Ketupat emang identik banget dengan Ramadhan dan Lebaran, walaupun bila harus disantap tanpa makanan pelengkap lainnya seperti sate, soto, sayur, ketoprak hingga gado-gado, Ketupat memang tidak punya rasa yang begitu kaya, karena hanya dibuat dari beras. Namun, kudapan Ketupat ini selalu menjadi top list makanan hari lebaran bahkan nggak hanya di Indonesia, melainkan hingga ke Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

Ketupat bukan hanya sekadar makanan khas, namun sudah menjadi icon Ramadhan dan Lebaran. Sudah sepopuler itu, kita sepertinya perlu tau Ketupat tuh dulu asal-muasalnya bagaimana? Apakah dia punya makna filosofi tersendiri dari bentuknya yang unik? Berikut ada beberapa ulasan yang bisa menjawab makna di balik Ketupat.

  1. Ketupat menurut sejarahnya
    Kalian tau nggak salah seorang tokoh Wali Songo yang sangat lekat dengan Muslim di Pulau Jawa, Sunan Kalijaga, merupakan orang yang pertama kali memperkenalkan Ketupat pada masyarakat Jawa. Jadi dulunya, beliau membentuk tradisi atau membudayakan Ketupat pada hari Lebaran dan satu minggu setelah Lebaran. Pada hari-hari tersebut, hampir di setiap rumah di tanah Jawa akan terlihat menganyam Ketupat dari daun kelapa muda. Nantinya ketupat yang mereka masak, akan diantarkan pada kerabat yang lebih tua, dan dari situlah Ketupat menjadi lambang kebersamaan umat Muslim.

 

  1. Arti dari bungkus Ketupat
    Beberapa ahli budaya mengatakan bahwa Ketupat merupakan simbol yang mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia yang telah mereka perbuat. Hal ini dikarenakan rumitnya anyaman ketupat, saat menganyam harus benar-benar teliti karena bila terjadi satu kesalahan saja, bisa langsung jelas terlihat. Ahli budaya lain berpendapat bahwa Ketupat melambangkan kesucian hati jika dilihat dari isi Ketupat yang berwarna putih.

 

  1. Bentuk yang sempurna
    Para ahli budaya menilai bentuk Ketupat yang sempurna mencerminkan kesempurnaan. Dari segi bahasa, Ketupat yang berasal dari bahasa Jawa (kupatan) yang juga berasal dari kata Kaffatan (Arab), memberikan istilah yang menyimbolkan berakhirnya bulan puasa dan memberikan kesempurnaan (Kaffatan) di dalam kehidupan masyarakat karena berpuasa selama bulan Ramadhan dan akhirnya menyambut hari kemenangan menyiratkan keislaman manusia yang sepurna.

 

  1. Dipercaya mampu menangkal hal buruk
    Masih kental dengan kepercayaan adat Jawa, Ketupat sering banget terlihat digantung di atas pintu masuk rumah seolah-olah jimat. Masyarakat Jawa biasanya juga tidak memasak Ketupat selain di hari Lebaran hingga lima hari sesudahnya. Bahkan ada juga sebagian masyarakat di pulau Jawa yang hanya menyajikan Ketupat di hari ke-7 sesudah Lebaran dan hari itu dinamakan hari Raya Ketupat, karena mereka percaya bahwa Ketupat mampu menolak bala.

Nah, itu tadi beberapa hal informasi tentang Ketupat yang ternyata dianggap penting sekali bagi tradisi, khususnya di tanah Jawa. Tanpa mengulik makna ataupun kepercayaan tentang Ketupat di masa lalu, saat ini mungkin Ketupat hanya dinilai sebagai jenis makanan yang bisa jadi lezat banget kalau berkolaborasi dengan masakan nusantara lainnya, apalagi disaat hari lebaran, sudah berpuasa penuh sebulan, pasti di hari lebaran pengennya makan. kegiatan masa-memasak di malam takbiran udah jadi tradisi masa kini para ibu-ibu kali ya?

Well, untuk memudahkan proses memasak kamu, bila kamu salah satu dari ibu-ibu itu, atau at least ibu-ibu wanna be, yang juga ikutan meramaikan kegiatan memasak, kamu bisa coba menggunakan alat masak serba guna Bullet Express dari danmogot.com. Bullet Express tersebut bisa digunakan sebagai juicer, dan juga blender. Dapat memotong, buah sayuran bahkan mencincang daging. Mudah digunakan untuk kamu sebagai pemula. Mampu membantu kamu menghemat waktu untuk memasak.


Jika anda tertarik untuk melihat dan membeli Bullet Express, anda bisa langsung mengunjungi website kami di danmogot.com

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi CSO kami : 0823 12 633 633/ 0822 99 777 633

Bisa juga langsung datang ke kantor pusat danmogot.com di Jl. Alfalah Gedung Concept.id no 19, Suka subur, Simpang STM, Medan.

 


Artikel Terkait

Viewer : 17