Pancasila, 1 Juni

Pancasila’s anniversary: Apa Sebenarnya Makna Pancasila?


Pancasila’s anniversary: Apa Sebenarnya Makna Pancasila?

Ideologi dasar negara indonesia yang memegang peranan penting dalam kebidupan bernegara,  seharusnya memang sudah menjadi isi jiwa bangsa Indonesia. Nyatanya, hal tersebut yang lebih dikenal dengan nama ‘Pancasila’, masih menjadi hal yang sering dilupakan manusia. Memang sih, nggak mungkin juga kita tiba-tiba amnesia dan lupa dengan istilah Pancasila, yang mungkin kita lupa adalah makna dan tujuan kenapa sih hari lahir Pancasila harus diperingati dan menjadi salah satu hari libur nasional di Indonesia?

Mungkin sebagian dari kamu, ada yang telah mengetahui bahwa hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni, ditetapkan oleh Presiden Jokowi sejak tahun 2016. Pada saat itu, banyak banget yang bertanya-tanya, mengapa bukan di tanggal 18 Agustus saja yang dijadikan hari untuk memperingati kelahiran Pancasila, mengingat pada tanggal tersebut Pancasila disahkan? Jadi, pak Jokowi itu hanya ingin rakyatnya tau dan mulai mengingat sejarah kalau nama Pancasila sudah ditetapkan dan mulai dirumuskan sejak tanggal satu Juni, serta perayaan hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni sebenarnya telah ditetapkan oleh presiden Soekarno, namun dihapuskan pada masa Orde Baru.

Para tokoh penting, buku sejarah, buku PPKn serta buku pelajaran lain yang telah mendefinisikan Pancasila serta fungsi lengkapnya bagi kelangsungan hidup rakyat Indonesia mungkin tak pernah cukup untuk membuat kita sekedar merasa bahwa Pancasila, yang mungin tidak mampu kita lihat wujudnya seperti apa, ternyata memiliki peran nyata dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Lalu sebenarnya, apa sih makna Pancasila? Tidak perlu lari jauh-jauh dari banyaknya definisi pancasila yang pernah tercipta sebelumnya, in short, Pancasila is a Hero. Bangsa indonesia pada era 45, para pahlawan kita beserta tokoh penting lainnya, menaruh harapan dan percaya pada Pancasila yang dianggap mampu menjadi dasar negara dan sebagai pemersatu bangsa serta mengantarkan mereka ke hari merdeka. Dan ajaibnya, nilai-nilai Pancasila itu masih ada sampai sekarang ini, menjadi pedoman hidup berbangsa dan bernegaranya umat manusia di Indonesia tercinta ini. Memaknai Pancasila sebagai pahlawan agaknya memang tepat karena fungsi Pancasila dianggap sakti, terbukti dengan adanya hari Kesaktian Pancasila. Bedanya, hari kesaktian Pancasila dirayakan setiap tanggal 1 Oktober untuk mempertegas bahwa Pancasila yang dianggap sebagai dasar negara takkan pernah tergantikan.

1 Juni, hari lahir Pancasila ditetapkan untuk menguatkan dan memperkenal ulang dasar-dasar Pancasila khususnya bagi kawula muda yang udah mulai lupa dan mati rasa nih terhadap pentingnya sejarah Indonesia.

Pemerintah menjadikan tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional, agar masyarakat bisa memaknai kembali pentingnya peran Pancasila dalam kehidupan mereka. alangkah baiknya kalau sejenak atau sedikit saja waktu libur di tanggal satu juni digunakan untuk mengikuti atau pun juga melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan peringatan hari lahir pancasila. Seperti perayaan hari lahir pancasila di tahun 2017 lalu, pemerintah ibukota menggelar acara Pekan Pancasila. Ada beberapa program dan kegiatan bermanfaat yang bisa diikuti di acara peringatan hari lahir pancasila yang diselenggarakan di wilayah kamu tinggal. Kamu bisa seru-seruan namun dengan cara yang lebih nasionalis (wah gimana tuh?), biasanya di acara-acara seperti Pekan Pancasila, bakal ada seminar atau talkshow & games yang bertemakan sejarah dan hari lahir Pancasila, nah kamu bisa mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut untuk recall pengetahuan kamu tentang sejarah Pancasila terbentuk.

Selagi seru2an, bagikan momen perayaan hari lahir Pancasila yang kamu lakukan dengan dokumentasi untuk mendukung acara yang kamu ikuti. Mau mengabadikan moment serumu dengan mengambil gambar dari ketinggian dengan menggunakan drone, tapi kamu cuma punya kamera? Mungkin kamu bisa coba menggunakan Helikopter Remote Control Syma / RC With Camera S107 yang memiliki jarak control hingga 10 meter. Remote control memiliki fusngsi atas, bawah, maju, mundur, kiri dan kanan serta 360 rotating untuk Video/photo.

Jika anda tertarik, langsung saja kunjungi website kami di danmogot.com, dan temukan produk lainnya yang kamu inginkan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi CSO kami : 0823 12 633 633/ 0822 99 777 633

Bisa juga langsung datang ke kantor pusat danmogot.com di Jl. Alfalah Gedung Concept.id no 19, Suka subur, Simpang STM, Medan.

Kami akan melayani pembelian offline ataupun online secara baik.


Artikel Terkait

Viewer : 72