Tips & Trik

Tips & Trik Promosi Secara ONLINE


tanggal post : 25 January 2018
Tips & Trik Promosi Secara ONLINE

Hai kawan-kawan jumpa denganku, semoga kalian sehat-sehat aja yah...
Aku kali ini mau memeberitahukan beberapa cara efektif bagi kalian yang sudah lama berdagang tapi belum pernah mencoba mempromosikannya secara online. Ok langsung saja kawan-kawan.

Seperti yang kita ketahui sekarang sudah banyak perusahaan-perusahan online yang berkembang diIndonesia, banyak media yang bisa dijadikan promosi secara online. Tapi sebagai pemula memang berdagang secara online bukanlah perkara mudah, kita pasti bingun apa yang harus kita lakukan agar website kita banyak yang mengunjungi dan serta mau membeli produk yang kita promosikan.

Berikut beberapa cara efektif untuk mempromosikan produk atau bisnis kalian secara ONLINE :

1.   Mulai dari Facebook


Facebook bisa menjadi cara terbaik membangun komunitas di sekitar bisnis. Buatlah profil gambar anda itu logo merek produk kalian, dan mulailah mengupload foto sampul yang menarik seperti produk kalian jual.

2.   Berbagi foto di Pinterest

Pinterest mengambil alih ruang internet. Maksudnya kalian berbagi foto-foto produk yang dijual semenarik mungkin, caranya gampang cukup klik dan berbagi.

3. Selalu aktif di situs media sosial

Tidak cukup kalau hanya memulai akun di Facebook atau Twitter. Kalian harus menjalankannya secara aktif. Cukup posting pendapat-pendapat, foto atau kutipan menarik yang berhubungan dengan produk kalian. Atur agar orang bisa berkomentar dan berbagi. Secara bertahap itu akan mendorong produk yang kalian jual.

4.   Membuat blog

Buatlah blog tentang produk Kalian. Tulislah postingan-postingan baru tentang produk-produk yang kalian jual pastikan dipostingan kalian sertakan foto-foto produknya juga, setelah itu jangan lupa publikasikan atau bagikan ke link Facebook dan Twitter, serta kirimkan juga ke email teman-teman kalian. Hindarilah kesalahan teknis dengan memposting tulisan yang terlalu panjang, karena itu akan menyebabkan pembaca atau calon konsumen kalian malas untuk melihatnya apa lagi membacanya.

5. Buat Jaringan Sesama Pebisnis

Misalnya jika Anda memiliki bisnis makanan/kue, bergaulah dengan koki amatir maupun yang sudah profesional yang terhubung melalui Linkedln atau mengirimkan pesan ke Facebook dan Twitter. Berbagi pekerjaan dengan mereka dan dapatkan wawasan bagaimana cara menjalankan bisnis. Lalu minta mereka mempromosikan produk atau jasa di blog dan situs mereka, ingat selalu ucapkan terima kasih jika itu sudah merek lakukan.

6.   Blogwalking

Apa sih blogwalking itu? Blogwalking adalah suatu istilah di mana kita mendatangkan trafik web dengan cara berkomentar di website/blog orang lain. Misalnya Kalian berkomentar di blogdetik, kompasiana, artikel di website berita / portal, maka Anda bisa menyertakan link website Anda pada bagian nama pemberi komentar. Nah jika ada orang yang mengklik nama kalian maka orang tersebut akan diarahkan ke website kalian. Dan dari sanalah trafik bisa kalian dapatkan.
Untuk melakukan kegiatan blogwalking ini caranya mudah, Anda tinggal kunjungi suatu website/blog, baca salah satu artikelnya, lalu berikan komentar (positif dan membangun, jangan mengkritik apalagi mencaci maki) sambil menyertakan link website Anda pada bagian nama pemberi komentar. Selain gratis, cara ini tidak hanya bermanfaat untuk mendatangkan trafik, tapi juga untuk kepentingan silaturahim dengan blogger lain. Dengan memberi komentar di blog lain, maka memungkinkan blog kita untuk juga dikunjungi oleh pemilik blog lain, sehingga dari sana hubungan antar blogger pun bisa tercipta

7. Mengirimkan Alamat Web Kita di Status Facebook


Cara ini sangat praktis, dan cukup ampuh. Misalnya kalian baru buat postingan baru di blog, nah alamat url postingan tersebut kalian kirimkan ke Facebook. Dari sana teman-teman Facebook kalian bisa tahu keberadaan website kalian.
Promosi website dengan status Facebook ini juga bisa menciptakan efek viral, ketika ada kawan kalian yang ngasih like / memberi komentar di status Facebook kalian, maka aktivitas teman itu akan muncul dan bisa dilihat oleh teman-teman mereka yang lain, dan jika kawannya kawan kalian ngasih like link tersebut, maka dia akan menjadi friend/teman kita, dan seterusnya. Dan hasilnya akan makin banyak orang yang tahu alamat website Kalian.

8. Menggunakan Iklan


Iklan adalah media pemasaran yang cukup ampuh di internet, selain ampuh pemasaran dengan iklan juga relatif praktis dan mudah. Hanya saja, jelas kita harus membayar bila ingin beriklan.

9. Menulislah di Media Online Lain
Sudah banyak artikel yang membahas beberapa cara agar tulisan kali bisa dibaca banyak orang di internet. Nah selain mengembangkan hobi menulis, menulis di beberapa media online bisa juga menjadi sarana mendatangkan trafik website kalian.

10. Photo Blog 
Selama ini kita hanya mengenal blog sebagai media curahan / artikel saja, tidak ada salahnya kita menggunakan foto blog yaitu catatan yang berupa foto, karena foto dapat berbicara seribu kata dibandingkan dengan tulisan.

Demikianlah cara efektif untuk mempromosikan produk atau bisnis secara ONLINE, semoga bermanfaat yah kawan-kawan. Terima Kasih Sudah Mau Memkunjung & Membaca.


Artikel Terkait

Viewer : 324 User: