Mengenal Ciri dan Manfaat Pohon Cemara


tanggal post : 10 December 2015
Mengenal Ciri dan Manfaat Pohon Cemara

Pohon cemara merupakan salah satu pohon yang diaggap spesial dan mempunyai banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Dalam perayaan natal pohon ini juga selalu digunakan sebagai simbol perayaan. Jika dihias dengan berbagai macam ornamen, maka akan kelihatan bagus sebagai dekorasi ruangan.

Pohon cemara adalah jenis pohon evergreen, artinya daun-daunnya jarang mengering dan berubah warna ataupun rontok di musim gugur. Selain itu, pohon cemara yang bisa mencapai usia hingga ratusan bahkan ribuan tersebar di belahan bumi selatan yang meliputi wilayah Amerika Selatan, Afrika Selatan, Australia hingga ke Selandia Baru. Sedangkan di wilayah khatulistiwa, pohon cemara bisa ditemukan, salah satunya di Indonesia.

Klasifikasi Ilmiah Pohon Cemara :

  • Kerajaan (Kingdom) : Plantae
  • Divisi (Division) : Magnoliophyta
  • Kelas (Class) : Magnoliopsida
  • Ordo : Fagales
  • Famili (Family) : Casuarinaceae

Ciri-ciri Pohon Cemara :

  • Berukuran tinggi dan berbentuk kerucut.
  • Daunnya berbentuk ramping dan runcing yang berguna untuk mengurangi penguapan. Bentuk daun tersebut juga merupakan adaptasi pohon cemara terhadap lingkungan yang panas.
  • Warna daun pohon cemara biasanya hijau gelap, tetapi ada beberapa spesies yang berwarna hijau terang.
  • Pada saat pohon cemara masih muda, kulit kayunya halus, berwarna coklat kehijauan, dan belum mempunyai retakan.
  • Kulit kayu pohon cemara dewasa terbilang tebal dan warnanya coklat gelap dan biasanya terdapat retakan-retakan di sekujur pohon cemara. Tebalnya kulit kayu pohon cemara membuatnya dapat bertahan di segala kondisi cuaca.
  • Pohon cemara tidak menghasilkan buah melainkan pinecone atau runjung cemara. Runjung cemara adalah semacam pucuk yang membawa biji dan juga menjadi organ reproduksi pohon cemara untuk berkembang biak.
  • Cabang pohon cemara tumbuh rapat dengan cabang lainnya hingga tampak seperti lingkaran cabang yang tumbuh dari titik yang sama. Namun sebenarnya pola cabang-cabang tersebut berbentuk spiral, dimana semakin ke atas, maka cabangnya akan tumbuh semakin pendek. Inilah yang membuat pohon cemara tampak seperti kerucut atau piramida.

jual pohon natal murah

Manfaat Pohon Cemara :

  • Kayu pohon cemara bisa dimanfaatkan untuk pembuatan perabot rumah tangga.
  • Daun pohon cemara bisa dimanfaatkan sebagai penghias rumah.
  • Biji pohon cemara bisa langsung dimakan.
  • Kambium pohon cemara bisa diolah sebagai bumbu masakan.
  • Pohon cemara juga bisa berfungsi sebagai peneduh dan penghias halaman rumah sebab pohon cemara bisa memproduksi oksigen untuk menyegarkan halaman rumah

Manfaat yang terkandung dalam pohon cemara : 

  1. Mengandung vitamin C
  2. Dalam sebuah legenda telah diceritakan bahwa suatu saat seoarng penjelajah yang berasal dari negara Perancis bernama Jasques Cartier pernah suatu saat terjebak di sutau wilayah yang ia tak kenal. Dan pada waktu itu, ia beserta teman-teman dan para krunya sedang berjuang melawan maut kaibat penyakit kudis yang mereka derita. Untungnya kelompok tersebut bertemu dengan kepala suku yang berada di wilayah tersebut, kemudian mereka memberikannya seduhan teh pinus. Dan pada akhirnya membuat penyakitnya sembuh. Karena rasa penasaran ia pun akhirnya meneliti pohon pinus yang dijadikan minuman tersebut dan menemukan hasil bahwa dalam tanaman pinus atau pohon cemara tersebut ternyata mengandung vitamin C. Dan penelitian lebih mendalam pun dilakukan. Dan setelah diteliti terus menerus pada akhirnya ditemukan dalam pohon cemara laut terdapat banyak kandungan senyawa anti oksidan yang berisi flavanol dan juga bioflavonoid.
  3. Mampu meredakan stress
  4. Salah seorang psikolog lingkungan yang berasal dari University ofSurvey, yaitu Dr Birgitta Gatersleben menjelaskan dari Telegraph, bahwa pohon cemara yang seringkali digunakan untuk acara natal ternyata dapat membantu seseorang untuk menghilangkan stress. Hal ini disebabkan karena pohon cemara selalu saja dikaitkan dengan kesejahteraan dan juga kepuasan dalam suatu kehidupan. Ini mengandung arti bahwa pohon cemara mampu memberikan nuansa alam yang secara tidak langsung dapat mengurangi stress dan penyakit mental.
  5. Mampu meredakan bronkhitis dan juga batuk
  6. Bau aroma yang keluar dari pohon cemara, selain baik untuk kondisi mental anda juga minyak yang dihasilkan dari pohon cemara ini sangat baik untuk meredakan jenis penyakit sinus dan juga batuk yang sedang anda derita. Caranya hanya dengan meneteskan minyak pinus atau cemara ke dalam wadah yang berisi air panas, lalu uap yang keluar dari wadah tersebut anda hirup perlahan-lahan.
  7. Membantu meredakan sakit otot
  8. Selain dapat mengobati sinus dan juga batuk, manfaat cemara yang lainnya adalah mampu membantu meredakan sakit otot yang sedang anda derita. Caranya hanya tinggal menggunakan minyak pinus untuk digunakan sebagai obat pijat. Akan tetapi usahakan untuk tidak menggunakan minyak cemara jenis P. Sylvestris karena malah akan membuat kulit anda menjadi iritasi.
  9. Mampu mengobati cacingan.
  10. Tak hanya minyaknya saja yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit, namun dari akar pohon pinus ternyata juga memiliki kemampuan dalam mengobati cacingan.

 


Artikel Terkait

Viewer : 35088 User: