Hari Nasional

Inilah Makna Hari Pahlawan 10 November


tanggal post : 10 November 2015
Inilah Makna Hari Pahlawan 10 November

Tanggal 10 November 2015 Indonesia genap memperingati 70 tahun hari bersejarah di kota Pahlawan, Surabaya. 70 tahun waktu lalu, tepatnya pada tanggal 10 November 1945 adalah hari yang begitu bersejarah buat tanah air, Hari Pahlawan.kenapa tanggal tersebut dijakdikan hari pahlawan ? 

Pada 10 November 2015 ini adalah momentum di mana bangsa Indonesia kembali mengingat seberapa besar jasa para pahlawan yang sudah berjuang keras memerdekakan tanah air ini. nah, mr.BoB akan menjelaskan makna hari pahlawan 10 November.  mr.BoB berharap jiwa nasionalis dan patriotis semakin tumbuh.

Makna Hari Pahlawan
Terdapat ungkapan yang populer menyebutkan bahwa ‘Bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai dan menghormati jasa pahlawannya”. Apabila bangsa tidak memiliki pahlawan berarti sama saja bahwa bangsa tersebut tidak mempunyai hal yang dibanggakan. Apabila suatu bangsa tak mempunyai sosok yang patut untuk dibanggakan, maka bangsa itu merupakan satu bangsa yang belum memiliki harga diri.

outlet danmogot surabaya

Mengapa hari pahlawan diperingati pada tanggal 10 November?

Saat itu para pahlawan bangsa Indonesia telah bertempur keras untuk memerdekakan Tanah Air. Walaupun Hanya bersenjata bambu runcing, namun para pejuang bangsa ini mampu menghadapi tentara Inggris yang ada di Surabaya dengan gagah dan berani. Senjata api yang dimiliki Indonesia saat itu sangat terbatas. Akan tetapi, perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan Indonesia begitu besar. Terdapat salah satu tokoh terkenal dalam perjuangan itu, ia adalah Bung Tomo. Bung Tomo sanggup kobarkan semangat para pemuda di Surabaya melalui siaran siaran radio. #haripahlawan

Memang saat ini masyarakat Indonesia tidak lagi turut melawan penjajah seperti halnya para pahlawan kala itu. Oleh karena itu sekarang ini tugas untuk para penerus bangsa ini adalah memberikan arti baru mengenai kepahlawanan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia ini yang tentunya seiring dengan perkembangan zaman. [PoP/AKM] 


Artikel Terkait

Viewer : 254 User: