Ulasan Rubik

Asah Kreatifitas Otak Dengan Rubik. Inilah Berbagai Macam Rubik Ekstrem


tanggal post : 04 November 2015
Asah Kreatifitas Otak Dengan Rubik. Inilah Berbagai Macam Rubik Ekstrem

Ada banyak cara untuk mengasah otak anak. Tidak hanya dengan memaksanya belajar terus menerus seperti di sekolah. Anak akan bosan dan menjadi pemurung. Berikanlah permainan yang bersifat edukasi kepada anak anda. Salah satu permainan yang bersifat edukasi adalah Rubik. Rubik bisa melatih otak kanan anak anda dan mengasah kreatifitas anak dalam memecahkan masalah. 

Ada banyak rubik yang telah diciptakan dengan berbagai tingkat kesulitan yang ada. Mr.Bob akan menjelaskan rubik yang ada saat ini, ini dia : 

 

rubik 2x2

Pocket Cube (2x2x2)
Seperti yang telah saya jelaskan dalam posting "Rumus Cara Menyelesaikan Rubik 2x2x2", rubik ini disebut juga Mini Cube, memiliki tingkat kesuiitan yang rendah, rekor tercepat dipegang oleh Erik Akkersdijk yang menyelesaikan dengan waktu kurang dari 1 detik. 

rubik 3x3

Standard Cube (3x3x3)
Rubik ini disebut juga Rubik's Cube dikarenakan memang rubik ini diciptakan pertama kali oleh arsitek bernama Erno Rubik pada tahun 1975, twisty puzzle model paling awal & paling populer, hingga dibuat berbagai macam varian-nya. ukuran standar adalah 5.6cm³. Untuk informasi lebih lanjut tentang serta tips menyelesaikan kubus rubik 3x3x3 ini bisa di klik disini.

rubik 4x4

Master Cube (4x4x4)
Rubik ini dikeluarkan oleh Rubik's dengan nama Rubik's Revenge, diciptakan oleh Péter Sebestény, pengembangan rubiks cube dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, memiliki 2 macam mekanisme berbeda yaitu keluaran Rubik's Revenge & Eastsheen. ukuran standar adalah 6.5cm³.

rubik 5x5

Professor's Cube (5x5x5)
Rubik diciptakan oleh Udo Krell, karena memiliki center pieces, puzzle ini memiliki metode mirip seperti 3x3x3 namun dengan kesulitan jauh lebih tinggi, 2 variasi lain dari mekanisme 5x5x5 selain keluaran Rubik's adalah V-Cube & Eastsheen. ukuran standar jenis ini adalah 7cm³.

rubik 6x6

V-Cube 6 (6x6x6)
Rubik ini diciptakan oleh Panagiotis Verdes, twisty puzzle dengan total 152 keping bila dipisah2, karya genius dari Verdes Innovations SA. ukuran standar yang dikeluarkan adalah 6.9cm³.

rubik 7x7x7

V-Cube 7 (7x7x7)
Penciptanya sama seperti V-Cube 6, juga dengan mekanisme yang sama, twisty puzzle jenis cubic original dengan tingkat kesulitan paling kompleks. ukuran standar jenis ini adalah 7.2cm³. Bentuk rubik dari ukuran 7x7x7 keatas tampak sedikit membulat, hal ini dikarenakan mekanisme kerja rubik yang lebih kompleks daripada rubik dibawahnya.

rubik 11x11

11x11x11 Rubik's Cube
Pernah berpikir sampai berapa lapisan sebua rubik kubus pernah dibuat, well, mungkin inilah rubik kubus dengan lapisan yang paling banyak, yaitu 11x11x11. Sampai sekarang saya tidak pernah melihat langsung apa lagi memainkannya.

fisher rubic

Fisher's Cube
Pengembangan dari 3x3x3, diciptakan oleh Tony Fisher, memiliki metode penyelesaian & mekanisme mirip dengan 3x3x3 namun bisa diputar secara diagonal.

void rubic

Void Cube
Diciptakan oleh Katsuhiko Okamoto. cube unik ini memiliki mekanisme yang benar2 berbeda dari 3x3x3, karena center tile-nya bolong & tembus, hingga untuk solving-nya menjadi lebih sulit.

square 1

Square-1
Rubik ini adalah  karya Karel Hršel & Vojtech Kopský, Twisty puzzle dengan mekanisme yang benar2 unik, bentuknya akan berubah2 bila kita mengacaknya.

super square 1

Super Square-1
Rubik ini adalah pengembangan dari Square-1, dengan tinggi 4 layer, dengan lingkaran ditengahnya.

square 2

Square-2
Rubik ini adalah karya David Litwin, pengembangan dari Square-1, memiliki mekanisme mirip seperti pendahulunya.

mirror rubic

Mirror Cube
Varian 3x3x3 yang unik, bila dalam keadaan teracak, bentuknya ikut teracak. Terdiri atas 3 lapisan, sama seperti Rubik's Cube 3x3x3 namun hanya berbeda bentuk tiap piece-nya. Metode solvingnya bukan berdasarkan warna, namun perbedaan bentuk. Untuk mempelajari rubik 3x3x3, lihat disini. [TOY/AKM]


Artikel Terkait

Viewer : 337 User: