Sumpah Pemuda, Peletup Semangat Kemerdekaan Pemuda Indonesia


tanggal post : 28 October 2015
Sumpah Pemuda, Peletup Semangat Kemerdekaan Pemuda Indonesia

Hari ini Rabu  28 Oktober 2015. Dihari ini bangsa kita memperingati kejadian bersejarah dari perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia nih, namanya peringatan hari SUMPAH PEMUDA. Nah, Mr. Bob kali ini akan sedikit bercerita tentang hari sumpah pemuda dari awal perjuangannya, mari simak bersama. 

Sumpah Pemuda adalah bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Bulan oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan dengan penuh semangat perjuangan, maka dari itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Bulan oktober selaku hari lahirnya bangsa Indonesia, prosedur kelahiran Bangsa Indonesia ini adalah buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis ketika itu, kondisi ketertindasan ini-lah yang lalu mendorong para pemuda ketika itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan juga martabat hidup Indonesia, tekad ini yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya pada 17 agustus 1945.

Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka lalu menjadikannya selaku dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri, melainkan bersama-sama.

sumpah pemuda

ISI SUMPAH PEMUDA
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dalam upaya mempersatu wadah organisasi pemuda dalam satu wadah telah diawali semenjak Kongres Pemuda Kesatu pada tahun 1926. Oleh sebab tersebut, tanggal 20 Bulan februari 1927 telah diadakan pertemuan, namun pertemuan ini belum mencapai hasil yang babak final.

Lalu pada tiga Bulan mei tahun 1928 diadakan pertemuan lagi, dan juga dilanjutkan pada tanggal 12 Bulan agustus 1928. Di pertemuan terakhir ini dihadiri seluruh organisasi pemuda dan juga diputuskan untuk mengadakan Kongres kepada bulan oktober 1928, dengan susunan panitia dengan tiap jabatan dibagi kepada satu organisasi pemuda.

Harapannya Generasi penerus bisa terus menjaga dan mewarisi jiwa para pejuang sumpah pemuda yang hadir untuk kemerdekaan secara hakikat sebagai bangsa Indonesia. [TRD/AKM]

 


Artikel Terkait

Viewer : 402 User: