Perhatikan Hal-hal di Bawah Ini Jika Motor Anda Ingin Tetap Mengkilap


tanggal post : 17 October 2015
Perhatikan Hal-hal di Bawah Ini Jika Motor Anda Ingin Tetap Mengkilap

Cara merawat body motor - Perawatan motor atau mobil mutlak diperlukan untuk tetap menjaga eksistensi di masyarakat, hehe. Nah, cat motor memang yang paling penting dari penampilan luar motor kita. Banyak sekali tips perawatan yang Ada di luar sana.Setidaknya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat keidahan cat motor. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan disini.

Perhatikan peralatan mencuci motor
Kesalahan yang sering dilakukan pemilik sepeda motor adalah dalam hal memilih peralatan cuci motor. kesalahan ini berakibat goresan-goresan pada body motor. Karena itu, penting untuk mengetahui peralatan yang tepat.

1. Sabun
Sabun pencuci yang biasanya digunakan adalah shampoo mobil atau motor. Itulah yang paling baik untuk digunakan. Jangan memakai detergent, sabun colek atau sabun cuci baju untuk mencuci bagian body. Kandungan bahan pada detergent sangat keras dan tidak sesuai untuk cat motor kita. Sedikit mahal tidak apa-apa. Yang penting kemulusan cat motor kita terjaga terus.

Untuk bagian selain body (shock,ban,mesin,dan bagian lain yg bukan merupakan bagian dari cat utama) boleh saja menggunakan sabun detergent untuk membersihkannya. Karena terkadang di bagian-bagian itu terdapat kotoran yang sulit terangkat dengan shampoo motor.

2. Media pencuci
Gunakan alat pencuci (spons/busa/sikat) yang lembut dan tidak membuat cat baret. sebagai contoh gunakan salah satu jenis grout sponge, sea sponge, wash mitt, atau lambs wool. Jangan gunakan busa jok atau busa lainnya yang berpori kasar dan kecil, karena jenis busa ini cenderung kasar dan menahan pasir (bukan memerangkap pasir di dalamnya). Cari yang porinya besar-besar sehingga kemungkinan untuk menimbulkan goresan halus akan terhindar, karena pasir yg tertinggal di body akan terperangkap di dalam pori spon.

Perhatikan Metode mencuci

cuci motor

  • Siapkan dua buah ember. Yang satu berisi shampoo yg sudah tercampur air, dan yang satunya lagi hanya berisi air bersih saja.
  • Semprot seluruh bagian motor dengan air, sampai Anda yakin kotoran dan debu sudah hilang.
  • Sebagai langkah awal, mulailah meratakan shampoo yg ada di ember 1, dari bagian atas dulu. Yang harus diingat, sebelum pindah ke bagian yang lain masukkan dulu spon pencuci tersebut ke ember 2 yg berisi air saja, goyang-goyangkan hingga sisa kotoran dan shampoo turun. 
  • Barulah ulangi lagi langkah awal hingga selesai ke bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benar kalau motor sudah benar2 bersih. semprot kembali bagian yang sudah dibersihkan tersebut, hingga sisa sabun hilang dan benar-benar bersih.

Cara Mengeringkan
Untuk cara pengeringan paling bagus, bukan dengan cara dijemur di bawah matahari. Paling bagus, gunakan “Microfiber Waffle” weaf drying towell atau Setidaknya pakailah lap “Chamois” (Kanebo) yang bagus, keringkan sampai ke bagian celah motor. Usahakan supaya lap tersebut terus dibilas, sehingga tetap bersih. Jangan tinggalkan bercak air sedikitpun, karena bercak air yg tertinggal berpotensi untuk menciptakan water spot alias bercak air. Dan yang pasti akan susah membersihkannya.

Lakukan Pemolesan
Pemolesan body motor atau mobil juga harus diperhatikan agar hasil konclong. Berikut cara pemolesan body kendaraan yang benar

1. Claying 
Tujuannya untuk mengangkat kotoran2 yang sudah lama banget nempel di body motor kita, seperti bekas aspal, kotoran yang mengerak atau lainnya. Tujuan utamanya ialah menyegarkan dan menghaluskan kembali cat motor kita.

Coba raba dengan tangan kita atau bisa juga masukan tangan ke dalam kantong plastik dan coba raba body motor kita dengan tangan yang sudah terbungkus plastik tersebut. Kalau  terasa kasar... berarti motor kita butuh treatment ini.

Clay ini bentuknya mirip lilin (atau ada yang menyebutnya malam) yang buat mainan anak-anak. Caranya, gosok clay ini disekujur cat motor dengan dilubrikasikan dulu menggunakan quik detailer. gosok secara merata, lalu lap dengan menggunakan lap microfiber yang berkualitas.

2. Cleaning
Celaning bertujuan untuk menghilangkan bekas noda terdahulu, meminimalkan atau menghilangkan baret halus yang ada.

3. Polishing 
Langkah ini bertujuan untuk menghidupkan kembali warna cat kita. polishing adalah caranya. Polish adalah produk yang mengandung unsur mengikis atau abrasive. cara kerja polish yaitu dengan mengambil sedikit lapisan permukaan cat, untuk tujuan memperbaiki atau menghaluskan permukaan yang terdapat defect tersebut.

Bentuk dari produk polish bisa cream, pasta, atau lotion. Klasifikasi polish dibagi berdasarkan kemampuan daya kikisnya terhadap permukaan cat. jadi ada kelas light cut, medium cut, dan heavy cut. semua kelas itu diperuntukan untuk keperluan spesifik kerja masing masing, apakah untuk tujuan memperbaiki atau tujuan menyempurnakan.

4. Pre-wax cleaner
Produk yang mengandung bahan kimia yang bertujuan untuk membersihkan sisa wax terdahulu, juga dapat digunakan sebagai penghilang kotoran yang tidak bisa hilang hanya dengan cara dicuci saja.

5. Waxing 
Tahap ini yang biasa kita kenal dengan istilah moles. tujuannya untuk memberikan proteksi terhadap sinar UV di cat motor kita setelah semua tahapan di atas tadi. Cari yang terdapat kandungan pure carnaubanya dibuat dari bahan alam. Tapi biasanya produk ini tidak dapat bertahan terlalu lama terkena sinar matahari. Ada juga yang berbahan sintesis atau yang biasa dikenal dengan Sealent product. Kalau yang ini dari bahan-bahan kimia, sehingga lebih tahan terhadap cuaca.

Maintaining 
setelah semua tahapan itu dilakaukan, tinggal perawatannya. Bagaimana cara mwerawatnya? Bisa dengan waxing motor 2 minggu sekali. Atau mau lebih bagus lagi, bisa juga disemprotkan quik detailer setiap selasai nyuci.

Kalau Anda berhasil melakukan langkah-langkah tadi, hasilnya cat akan terlihat lebih cerah, terkesan basah dan mengkilap setiap hari.

Perhatikan !!

  • Jangan pernah mencampur adukan berbagai macam jenis polish di dalam satu kain yang sama. dengan kata lain... satu kain hanya digunakan untuk satu jenis polish begitu selanjutnya.
  • Usahakan menggunakan tehnik yang paling ringan terlebih dahulu,
  • dicoba dengan memakai tangan saja di bagian yang perlu di polish , bila hal tersebut tidak berhasil... baru kita bisa beralih dengan menggunakan mesin detailing (dual action atau rotary buffer)
  • Lakukan di tempat yang cukup ventilasi udara, penerangan yang cukup, dan yang pasti jangan pernah bekerja di bawah sinar matahari langsung... 
  • Jangan pernah mencampur campur produk ini dalam satu applicator pad. jadi buat cleaning applicatornya sendiri,buat polishing sendiri,buat waxing juga sendiri. lapnya juga gitu.. harus sendiri-sendiri.
  • Gunakan lap yang terbuat dari bahan Microfiber, emang sih agak mahal... cuman yakin deh hasilnya bakal lebih bagus, gak bikin baret, dan lebih tahan lama karena bisa dicuci berkali kali.
  • Gunakan cover motor untuk perlindungan tambahan setelah mencuci. Pilihlah cover motor yangpaling baik kualitasnya dan tidak menggores motor Anda. Lebih Tenang pakai Cover Super

Redaktur : AKhmad Khasan 


Artikel Terkait

Viewer : 214 User: