Die cast : Bagaimana Cara Mengecat Die Cast ?


tanggal post : 21 September 2015
Die cast : Bagaimana Cara Mengecat Die Cast ?

Diecast adalah sebuah bentuk cetakan/bahan yang berasal dari besi, alumunium, magnesium, tembaga ataupun timbal. Metal yang digunakan biasanya adalah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yang biasa menggunakan metode die casting biasanya adalah mainan model dengan skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun bisa dibuat dengan metode ini. 

Selain itu, Dalam dunia miniatur kendaraan bermotor, diecast menjadi bahan utama dikarenakan keunggulan dari bahan pembuatannya. Keunggulannya antara lain adalah solid, mudah dibentuk, tahan karat dan ringan.

Nah, Bagaimana Caranya Mengecat DieCast yang benar ?

Pisahkan semua bagian-bagian mobil, sampai yang tersisa adalah kerangka logam.

1

semua rim, interior, dan lain-lain simpan dalam kantung plastik tertutup agar tetap aman selama pengerjaan.

2

Anda bisa saja hanya menyemprot di atas cat yang sudah ada sebelumnya, tapi Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik, jika Anda mengelupas cat yang sudah ada sebelumnya. Ini lebih mudah daripada kedengarannya. Tuangkan minyak rem dalam sebuah ember dan kemudian masukkan bodi mobil di dalamnya. Ini memerlukan waktu satu atau dua hari, tapi minyak rem akan menghilangkan cat (Anda mungkin perlu menekan beberapa area dengan sikat gigi atau sikat lainnya, selama tidak menggunakan sesuatu yang akan menggores logam .

3

Setelah semua cat hilang, cuci dan keringkan badan mobil untuk menghilangkan minyak rem. (Anda mungkin ingin menggunakan sikat lagi untuk menghilangkannya).

4

Anda dapat menggunakan segala jenis cat semprot untuk mengecat mobil, namun Anda harus menggunakan warna cat dasar. Sebagian besar adalah abu-abu terang. Hampir setiap jenis cat semprot akan berhasil, tapi pastikan bahwa warna cat dasar Anda dan warna cat akhir Anda yang cocok! (Misalnya Anda ingin menggunakan enamel baik untuk untuk warna cat dasar dan warna cat lapisan akhir, dll)

5

Usahakan untuk tidak menyentuh badan mobil sebelum mengecat dan di antara lapisan-lapisan cat karena minyak yang terdapat pada kulit Anda dapat mempengaruhi cat (gunakan gantungan baju untuk memegang body mobil sehingga Anda tidak perlu menyentuhnya).

6

Ketika Anda mengecat, jaga jarak kaleng sekitar 30 cm dan mulailah penyemprotan di atas badan mobil dan bergerak melewatinya dalam gerakan-gerakan sapuan lembut.

7

(Mengarahkan kaleng cat pada badan mobil dan menyemprotkannya akan menyebabkan cipratan cat dan tidak akan menghasilkan pengecatan yang baik. Itulah mengapa Anda harus mulai dari badan mobil dan bergerak melewatinya).

Anda tidak akan menutupi seluruh badan mobil dengan cat pada percobaan pertama.

8

Jangan berkonsentrasi mengecat pada bagian-bagian tertentu, karena akan merusak detil badan mobil dengan cat yang terlalu tebal.

10

Tunggu setidaknya 12 jam antara lapisan-lapisan cat. Jika hasilnya berantakan, Anda selalu bisa menggunakan minyak rem lebih banyak dan mulai lagi dari awal.

Redaktur : Akhmad Khasan


Artikel Terkait

Viewer : 3290 User: