Jangan Pernah Sepelekan Sistem Pendukung Genset Anda


tanggal post : 15 September 2015
Jangan Pernah Sepelekan Sistem Pendukung Genset Anda

Sistem Pendukung Genset merupakan bagian dari prinsip cara kerja genset dan sering kali sistem pendukung kinerja genset kerap disepelekan. Sistem pendukung kinerja genset ini harus diketahui secara detail. Genset sendiri merupakan mesin yang membutuhkan sistem pendukung untuk mendukung seluruh kinerja genset.  Sistem pendukung genset berfungsi untuk membuat genset dapat bekerja dengan baik tanpa mengalami gangguan kinerja genset. Genset sendiri digunakan sebagai sebuah alternatif ketika lampu mati secara tiba-tiba. Secara umum sistem yang mendukung kinerja genset di bagi menjadi 3 bagian antara lain :

sistem pelumasan mesin diesel
Gambar : sistem pelumasan mesin diesel

Sistem Pelumasan. Sistem pendukung kinerja genset ini berfungsi untuk mengurangi getaran-getaran yang terjadi antara bagian yang bergerak ketika genset dinyalakan.  Selain itu, sistem pelumasan ini bermanfaat untuk membuang udara panas yang ada ketika genset digunakan. Untuk sistem pelumasan dapat bekerja dengan baik, maka semua bearing dan juga dinding yang ada di dalam tabung silinder di lumasi dengan minyak pelumas. Minyak pelumas ini bekerja dan disalurkan melalui saluran pembagi dalam genset dengan tekanan setelah melewati sistem pendingin dan saringan minyak pelumas tersebut. Kemudian minyak pelumas ini dialirkan ke bagian-bagian yang ada di mesin generator listrik ini pada bearing-bearing mulai dari poros engkol, jungkat sampai bagian-bagian lain untuk mendukung kinerja mesin genset tersebut.

sistem bahan bakar diesel
Gambar : Sistem Bahan Bakar Diesel

Sistem Bahan Bakar. Semua jenis genset pasti mempunyai sistem pendukung bahan bakar untuk menunjang kinerja mesin genset. Dalam 2 kali putaran dan ini bahan bakar dialirkan ke dalam ruang silinder dalam mesin genset. Penyemprotan bahan bakar ini dilakukan dengan proses penyaringan terlebih dahulu oleh saringan bahan bakar. Jika terjadi kelebihan bahan bakar, maka bahan bakar yang tersisa akan dikembalikan ke tangki bahan bakar melalui pipa pengembalian bahan bakar.

sistem pendingin mesin diesel
Gambar : Sistem pendingin diesel

Sistem Pendinginan. Dalam mesin genset ternyata hanya sebagian dari energi yang ada dalam bahan bakar yang diberikan kepada mesin. Bahan bakar tersebut sebagian bisa dijadikan menjadi tenaga mekanik dan bagian yang tersisi sebagai panas.  Udara panas tersebut akan diserap oleh bahan pendingin yang ada pada dinding tabung silinder yang membentuk sebuah ruang pembakaran sendiri, 

 


Artikel Terkait

Viewer : 142 User: