Jenis-Jenis Genset Menurut Bahan Bakarnya


tanggal post : 15 September 2015
Jenis-Jenis Genset Menurut Bahan Bakarnya

Disaat anda ingin menyewa genset, sebaiknya menggunakan genset yang sesuai dengan kebutuhan. Genset merupakan perangkat untuk menghasilkan energi listrik biasanya untuk mengganti listrik dari PLN yang kadang padam. Secara umum genset mempunyai beberapa jenis yang kapasitas dan cara penggunaan nya berbeda-beda. Beberapa jenis genset tersebut antara lain :

genset diesel murah
Gambar : Genset Diesel

Genset Diesel. Mesin diesel ini sering disebut juga genset  yang berfungsi sebagai mesin pembangkit listrik. Mesin diesel ini banyak digunakan oleh banyak orang. Mesin ini mempunyai kapasitas atau daya yang cukup besar. Untuk kapasitas output sangat bervariasi mulai dari 5 Kw atau 5000 Watt sampai dengan 2 MV atau 2.000.000 Watt. Karena kapasitas output nya cukup besar, maka mesin diesel ini mempunyai silinder  yang berkisar 2 sampai 16

Genset portable
Gambar : Genset Portable

Genset Portabel. Genset ini merupakan genset yang khusus digunakan pada outdoor. Biasa nya generator portabel ini banyak digunakan sebagai konser musik bahkan hingga perkemahan , di mana membutuhkan energi listrik yang besar sebagai penerangan.

genset urine
Gambar : Genset Urine

Genset Urine. Genset jenis ini merupakan hasil penemuan dari 4 orang pelajar asal Afrika. Para pelajar ini melakukan uji coba dan penelitian dengan menggunakan 1 liter air urine. Dan percobaan tersebut berhasil menyalakan sebuah genset untuk pengadaan listrik selama 6 jam.

genset solar
Gambar : Genset Solar

Genset Solar. Generator solar ini banyak akan kita jumpai di atas rumah dengan penempatan nya di tambahkan dengan solar panel. Jenis genset ini digunakan untuk membantu dalam pengoperasian peralatan yang membutuhkan daya listrik yang sangat tinggi seperti untuk pemanas air. Selain itu, penggunaan genset solar bisa juga digunakan pada sistem ac. Namun dalam penggunaan nya, genset jenis solar ini digunakan sebagai tenaga listrik cadangan untuk tempat-tempat komersil, seperti pameran, konser music, dan sebagai nya.

genset gas
Gambar : Genset Gas

Genset Gas. Untuk jenis genset gas ini, sudah pasti menggunakan bahan bakar gas. Namun gas yang digunakan untuk genset ini adalah gas hasil olahan dari gas bumi baik yang di olah sebagai LPG atau CNG. Untuk jenis genset gas ini sudah banyak digunakan sebagai genset untuk rumah tangga dan digunakan ketika mati lampu terjadi.

 


Artikel Terkait

Viewer : 502 User: