Brankas, Menjaga Harta Anda Lebih Baik


tanggal post : 09 September 2015
Brankas, Menjaga Harta Anda Lebih Baik

Apa ITU Brankas ?
Kata Brankas adalah berasal dari Bahasa Belanda, kata branden artinya membakar dan kast artinya lemari, jadi lemari tahan kebakaran. Sedangkan dalam bahasa Indonesia Lemari Besi, yaitu lemari yang terbuat dari besi.

Dalam bahasa Inggris disebut Safes" dan Berdasarkan ketahanannya brankas di bagi menjadi 3 jenis :

  1. Steel Safes (brankas yang terbuat dari plat besi/baja saja). Brankas seperti ini tidak tahan api dan biasanya hanya di pergunakan untuk penyimpanan uang yang relatif sedikit untuk kebutuhan operasional usaha sekala kecil.
  2. Fire Safes (brankas yang sudah di lengkapi dengan fiture tahan api). Brankas jenis ini terlihat dari ketebalan body brankas dan bila di ketuk terasa ada isi dari body brankas terdebut.
  3. Fire and Burglar Safes (Brankas yang masuk klasifikasi Tahan Api dan Tahan Dobrak). Brankas jenis ini sangat di rekomendasikan untuk digunakan karena sudah memiliki keamanan yang relatif tinggi. Biasanya sudah di lengkapi fitur relocking (penguncian otomatis yang di design khusus). Dari fisik brankas terlihat berdinding tebal, bahan plat juga lebih tebal dari jenis Brankas Tahan Api.

Bentuk Brankas

Brankas umumnya berbentuk kubus/balok atau silinder. Ada berbagai jenis brankas, dari yang kecil dan portabel, brankas yang dipasang di dinding, maupun brankas besar berbentuk ruangan.

brangkas kotak
Brangkas Kotak

Brangkas Silinder
Brangkas SIlinder

Sistem Keamanan Brankas

Kunci pengaman pada brankas umumnya berdasarkan sistem kerjanya ada 2 macam: - Digital - Analog Tidak jarang kedua sistem tersebut di satukan. Maksudnya brankas yang bersistem digital di sertai dengan kunci analog (orang terkadang menyebutnya kunci manual, kunci kecil, kunci tambahan). Untuk Brankas yang masuk klasifikasi tahan api dan tahan dobrak biasanya menggunakan 2 kunci analog (kunci kombinasi-putar dan kunci panjang). Macam-macam kunci brankas - Kunci Kombinasi - Kunci Panjang - Kunci kecil

kunci analog
Kunci Brangkas Analog

Kunci Brangkas Digital
Kunci Brangkas Digital

Kunci Kombinasi Brankas

Kunci kombinasi brankas ada 2 jenis. Kunci kombinasi yang bisa di set berdasarkan keinginan pengguna dan ada kunci konbinasi yang sudah di set dari pabrik dan tidak bisa di set sesuai keinginan pengguna.

kunci brankas
Kunci Brankas

Kunci Panjang Kunci panjang biasanya menggukan produk import ataupun lokal. Biasanya berbentuk panjang mininal 10 cm. Ada yang menggunakan singgle bite (1 sisi) dan double bite (2 sisi), orang sering menyebut dengan istilah 1 atau 2 bendera. Kunci kecil Ada juga brankas analog atau digital yang menggunakan kunci tambahan kecil seperti kunci-kunci laci pada umumnya.


Artikel Terkait

Viewer : 189 User: