MotoGP Versi Jalanan Honda RC213V


tanggal post : 21 July 2015
MotoGP Versi Jalanan Honda RC213V

Siapa yang tidak kenal olah raga yang satu ini, olah raga yang memacu adrenalin untuk memacu kendaraannya dengan kecepatan yang sangat tinggi yaitu motoGP. Bagi pecinta arena balap motoGP tentunya tahu betul dengan Repsol Honda yang menjadi tim paling disegani sejak awal berdiri tahun 1995 hingga sekarang. Tim yang digawangi oleh HRC (Honda Racing Corporation) itu memiliki sebuah motor dengan performa dasyat yang kerap membawa pembalapnya menjadi juara dunia, mulai dari pembalap legendaris seperti Mick Doohan, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, hingga yang sedang hangat-hangatnya saat ini, yaitu Mark Marquez.

Dibalik kesuksesan semua pembalap-pembalap itu, tentunya tak terlepas dari peran vital Honda RCV. Evolusi terbaru dari keluarga ini adalah RC213V yang sudah mengaspal sejak tahun 2012 silam. Seperti apakah motor yang dijuluki jet darat ini? Honda RC213V merupakan penyempurnaan dari RC211V dengan mesin 800cc yang dipakai sesuai regulasi motoGP sebelumnya. Honda RC213V memiliki kapasitas mesin 1000cc yang diciptakan oleh HRC (perusahaan balap milik Honda sendiri) dan dibawakan oleh Repsol Honda Team.

Honda RC213V dibuat dengan spareparts & bodyparts yang sangat canggih pada seluruh bagian motornya. Meskipun dikategorikan sebagai motor 1000 cc, jangan kaget kalau bobot Honda RC213V ini cuma 160 kg saja! Bayangkan dengan Kawasaki Ninja 250FI maupun motor sejenisnya yang beredar di tanah air yang memiliki bobot diatas 170 kg! Bahkan jika dibandingkan dengan motor 1000cc yang dijual secara massal, bobotnya jelas sangat berbeda jauh. Dengan bobot yang lebih ringan, kemampuan melesat RC213V tentu saja tak bisa dibandingkan dengan motor-motor 1000cc yang dijual di pasaran sekalipun.

Seluruh bagian motor pada RC213V menggunakan bahan karbon khusus yang tak dibuat secara umum seperti yang dipakai pada motor-motor produksi massal. Bukan cuma itu saja, bahkan sebagian besar spareparts motor, mulai dari yang besar hingga yang terkecil sekalipun, semuanya merupakan bagian yang dibuat atau dipesan secara khusus untuk keperluan balap. Tak jarang, kalau bagian-bagian yang lebih terperinci seperti silinder mesin hanya dibuat 1 buah saja di seluruh dunia. Melirik spesifikasi mesin, Honda RC213V mampu menghasilkan tenaga hingga 230 Hp. Top speed Honda RC213V bisa dibesut sampai diatas 350 km/jam!

Sayangnya, motor ini adalah prototype yang tidak dibuat untuk umum, melainkan hanya dibuat untuk keperluan balap saja, sehingga RC213V tidak diproduksi secara massal seperti halnya Honda CBR 1000RR dan sejenisnya. Harga Honda RC213V pun diperkirakan mencapai puluhan miliaran rupiah, melirik seluruh bagian motor yang dibuat dengan melewati proses riset dan percobaan trial & error. Untuk replika RC213V versi jalan raya diberi nama RC213V-S yang dibanderol Rp. 2,8 miliar! artikel: 8 Perbedaan Honda RC213V-S Dengan RC213V

Dan bagi anda yang ingin membelikan anak anak anda mainan atau pun ingin membelikan MotoGP mini kami menyediakannya di danmogot.com . berikut adalah spesifikasi MotoGP mini untuk anak anak dan inilah tampilan MotoGP mini :

Spesifikasi :
  • Mesin : single cylinder � 2 stroke- 49cc
  • Mesin otomatis
  • Sistem pendingin : udara
  • Kecepatan: 45km/h
  • Kapasitas tangki : 1 liter
  • Bahan bakar : premium campur ( 20:1) / 2 tak
  • Sistem rem : cakram depan dan belakang
  • Kapasitas beban 70kg
  • Pullstart
  • Tidak pakai gigi

 

 

handmade@mnugroho


Artikel Terkait

Viewer : 168 User: