Motor Honda VTR 250cc


tanggal post : 20 July 2015
Motor Honda VTR 250cc

Astra Honda Motor dikabarkan sedang mempersiapkan motor barunya. Motor tersebut nantinya akan menempati dibagian motor sport bermesin 250 cc. Sebenarnya di segmen tersebut AHM telah memiliki Honda CBR250R yang diimpor utuh (CBU) dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Akan tetapi penjualan CBR250R ini tidak mampu bersaing ketat dengan para kompetitornya. Hasilnya AHM meminta prinsipal Honda Motor Company untuk membuat motor baru di segmen tersebut. Menurut keterangan yang pernah diungkapkan oleh salah seorang pihak internal AHM, motor tersebut benar-benar baru dan belum pernah diproduksi oleh Honda. “Produk ini benar-benar baru, belum pernah diproduksi sebelumnya oleh Honda,”. Sang sumber menerangkan, sepeda motor terbaru ini merupakan jawaban untuk para konsumen setianya yang meminta sepeda motor sport dua silinder. Yang menarik perhatian, AHM selaku Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Tanah Air lebih memilih konfigurasi mesin baru V-twin daripada konfigurasi dua silinder segaris.

Seperti yang diketahui bersama, dua kompetitornya, Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250R menggunakan mesin dua silinder segaris. Dengan adanya perbedaan tersebut, AHM berharap dapat meredam gempuran dari para pesaingnya di segmen sport 250 cc. Persiapan pun dilakukan oleh AHM, mulai dari pemilihan pemasok komponen. Yang pasti, motor baru yang akan diluncurkan oleh Honda ini beda dengan karakter CBR250R yang dibuat oleh Thailand. Walaupun desain model tersebut cenderung lebih bergaya futuristik, bukan bergaya retro layaknya model Ducati Scrambler maupun Kawasaki Estrella.

Menariknya, motor baru ini sudah siap untuk diperkenalkan dalam waktu dekat. Untuk informasi tambahan, Honda CBR250R yang dipasarkan di Indonesia saat ini hadir dengan tampilan full fairing dan dipadukan dengan headlamp double keen eyes yang meyipit di bagian atas. Dimensi panjang sport ini mencapai 2.000 mm, dengan lebar 720 mm dan tinggi 1.140 mm. Sementara untuk sektor dapur pacunya, Honda CBR250R dipersenjatai dengan mesin liquid cooled, 4 stroke, in-line 1 cylinder. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 23,7 hp pada putaran 9900 rpm dengan torsi puncak mencapai 17,2 Nm pada putaran 7.400 rpm. Transmisi yang digunakan adalah sistem 6-percepatan. Mesin tersebut telah mengadopsi sistem injeksi yang membuatnya lebih hemat bahan bakar namun tetap bertenaga.

Pesaingnya, Yamaha R25 hadir dengan desain yang memikat dan meruncing pada body bagian depan dan belakang. Motor berlambang tiga garputala ini tampak agresif dengan mesin yang mumpuni. Headlamp-nya mengusung desain predator, berikut sporty airduct di bagian tengah dan belakang yang telah menggunakan lampu LED. Melihat dimensinya, Yamaha R25 memiliki panjang 2.090 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm. Motor ini menggunakan rangka tipe diamond, dengan suspensi depan model teleskopik dan suspensi belakang swing arm. Untuk sektor performanya, Yamaha R25 menggunakan mesin 2 silinder, 4 langkah, 8 valve DOHC, berpendingin cairan. Mesin tersebut memiliki daya maksimum sebesar 27,2 kW pada  1.200 rpm dan torsi 23,2 Nm pada putaran 10.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi return 6-percepatan.

Hadirnya motor baru Honda 250 cc dua silinder dengan teknologi Twincam bisa dipastikan akan memiliki performa yang lebih maksimal dan dapat bersaing dengan pesaingnya. Hal ini juga bisa menjadi modal Honda untuk memperkuat posisinya dibagian motor sportnya  mengingat bagian motor sport  dikuasai oleh Kawasaki

 

 

handmade@mnugroho


Artikel Terkait

Viewer : 139 User: