Cara Menghilangkan Goresan Pada Kendaraan


tanggal post : 16 July 2015
Cara Menghilangkan Goresan Pada Kendaraan

 

sebelum saya membahas tentang bagaimana cara menghilangkan goresan pada body mobil, perlu diketahui mengenai beberapa jenis goresan. Hal yang paling penting kita harus tahu cara penanganan goresan karena ada beberapa jenis goresan pada mobil:

  • Goresan ringan

yaitu goresan yang tidak melukai susunan cat Contohnya goresan pada cat mobil yang diakibatkan karena terkena kuku ataupun terkena lapisan lap yang sedikit kasar. Cara menghilangkan goresan tersebut di bodi mobil seperti ini cukup dengan menggunakan produk pemoles (wax, kompon, swril remover, maupun stratch remover) yang dioleskan atau disemprotkan pada kain bertekstur lembut (dapat menggunakan kain mikrofiber), lalu gosokan berulangkali pada daerah bodi mobil yang tergores. Setelah itu sempurnakan dengan menyemprotkan cairan polish agar permukaan cat mobil kembali bersih dan bercahaya.

  • Goresan sedang

yaitu goresan yang sudah sampai mengenai cat dasar. Biasanya terjadi karena tergores kawat, ataupun tergores ranting dahan pohon. Cara menghilangkan goresan pada cat mobil yaitu dengan terlebih dahulu membersihkan permukaan yang tergores menggunakan grease remover dan wax. Setelah itu Anda dapat melakukan pengecatan ulang pada bodi mobil Anda yang tergores.

  • Goresan dalam 

yaitu jenis goresan yang sudah menembus lapisan cat dasar dan mengenai logam bodi mobil. Biasanya tidak ada cara lain selain mengecatnya kembali. Cara menghilangkan goresan pada bodi mobil di jenis goresan ini ialah dengan mengamplasnya beberapa kali lalu semprotkan cat mobil yang sudah dicampur dengan thinner berkualitas.

  • Perawatan Body Mobil

Cara merawat mobil sangatlah penting untuk anda ketahui. Goresan yang berlangsung di cat bodi mobil memanglah mengganggu keindahan eksterior kendaraan. Ditambah lagi bila mobil tetap dalam keadaan baru. Untuk yang memiliki mobil sudah pasti Anda mau selekasnya menangani goresan itu, supaya mobil kembali mulus seperti sedia saat. Bila goresan pada body mobil sedikit, Anda bisa lakukan sendiri sistem menyamarkan goresan. Langkahnya dengan ikuti beberapa langkah ini dengan simpel :

  1. Pertama, bersihkan bodi mobil, terlebih sisi ada goresan. Maksudnya untuk menghilangkan debu atau kotoran yang terpadat pada cat body mobil anda.
  2. Kedua, keringkan sisi bodi mobil yang sudah dicuci memakai lap memiliki bahan chamois hingga tak tersisa butiran air pada body mobil anda.
  3. Ketiga, berikan bahan pembasmi goresan pada cat (kompon) seperlunya dibagian bodi mobil yang tergores, lalu ratakan dengan jari sesuai sama dengan bagian yang tergores.
  4. Keempat, gosok perlahan-lahan serta sedikit ditekan dengan kain lap yang halus dan kering untuk meratakan kembali permukaan yang tergores dengan cat di sekelilingnya.
  5. Kelima, kembali dari poin nomer tiga sampai dengan lima bila anda belum memiliki hasil yang optimal, yaitu bekas goresan menipis serta tampak rata dengan cat di sekelilingnya.
  6. Keenam, bila goresan telah tak tampak, lalu gosok tempat bekas goresan tadi dengan cairan pengkilap cat. Kerjakan dengan perlahan-lahan memakai kain lap halus dan bersih. Semestinya pada langkah ini, cat mobil Anda telah mulus kembali.

 

 

handmade@mnugroho


Artikel Terkait

Viewer : 348 User: