Cara Merawat Motor Matic Dan Motor Berkopling


tanggal post : 15 July 2015
Cara Merawat Motor Matic Dan Motor Berkopling

Anda mempunyai motor ?, anda harus tahu bagaimana cara untuk merawat motor anda kalau tidak motor anda bisa saja rusak kapan pun jika tidak di rawat ataupun diservis ketempat diler sorum motor anda. Jika anda tidak ingin repot untuk mengantri anda bisa juga memeriksa motor anda sendiri saya akan memberi tips untuk anda bagaimana cara merawat motor matic dan yang berkopling.

  • Tips Merawat Motor Matic
  1. yang pertama adalah memanaskan mesin terlebih dahulu jika Anda ingin memakai motor yang biasanya pagi, lakukan hal tersebut nminimal  5-10 menit, setelah selasai motor Anda siap untuk dipakai.
  2. Tips dan cara merawat motor matic berikutnya  adalah mengondisikan kecepatan gas saat mulai menjalankan motor. Saat kecepatan motor dalam kondisi cepat jangan secara tiba-tiba menurunkan gas karena dapat merusak mesin.
  3. Tips yang ketiga yaitu mengecek kondisi tangki mesin, mengecek speedometer motor Anda jika jarum mulai mendekati warna merah usahkan langsumh mengisi bensi. Jangan membiarkan kondisi tangki bensin kosong karena dapat merusak mesin ketika sering mogok bensin.
  4. Cara merawat motor matik keempat adalah rutin mengganti oli, jika Anda mulai melakukan perjalanan 1000 KM dan mengganti oli transmisi motor maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM.
  5. Tips merawat motor matic berikutnya yaitu memeriksa kondisi Aki dan Busi, jika salah satu benda ini ada yang rusak maka mengakibatkan motor Anda mogok.
  6. Periksa Roler dan Ventbeld
  7. Selalu perhatikan Roler dan ventbelt motor matic anda, jika sudah dalam keadaan tidak layak pakai, maka usahakan menggantinya dengan yang baru secara orisinil
  8. Periksa ruang transmisi dan mengganti Oli Shockbreaker, ketika di dalam ruang transmisi usahkan anda mengecek dan perhatikan, biasanya di dalam ruang transmisi sering masuk kotoran dan debu, usahakan anda bersihkan setelah motor mencapai 4000 Km. Berikutnya mengganti oli shockbreaker setiap motor mactic Anda mencapai 10000 KM, dengan cara ini membuat motor matic nyaman saat dipakai dan mesinnya awet.
  • Dan ini Tips Merawat Motor yang berkopling 

Rajin Ganti Oli

Penyebab motor kopling tarikannya mulai lemah atau loyo adalah karena kualitas oli dalam mesin sudah mulai menurun. Gesekan kasar mengakibatkan persneling motor kopling terlambat untuk beberapa detik saat akselerasi perpindahan gigi. Dengan mengganti oli secara berkala, maka gesekan di dalam mesin lebih halus dan ringan. Tarikannya pun lebih pas dan lebih responsif.

Cek Kanvas Kopling

Mengecek kanvas kopling secara berkala bisa menghasilkan kinerja motor Anda menjadi maksimal. Bukan hanya kanvas yang harus di cek. Ada juga bagian lain yang perlu dicek bilamana ternyata kanvas kopling tidak bermasalah yaitu per kopling. Lemahnya kekuatan per mengakibatkan kanvas tidak bekerja dengan baik. Kalau dimungkinkan, ganti saja dengan yang baru.

Membersihkan Kabel Tali Kopling

Salah satu juga yang menjadi kendala saat mengendarai motor kopling adalah kasarnya tarikan tali kopling dari mesin yang lewat di dalam kabel. Untuk mengatasi hal ini, cobalah membersihkan tali kopling dan salurannya dengan melumasi pelumas atau memakai cairan pembersih karat lain untuk motor. Gunanya supaya jangan sampai kemacetan akibat kotoran dalam kabel menghambat Anda dalam melakukan transmisi gigi motor.

Menambahkan Tul

Untuk bisa membuat tarikan kopling menjadi lebih enteng, bisa ditambahkan dengan sebuah alat, namanya Tul. Alat ini diletakkan di sebelah kanan bawah, di daerah gearboks. Alat ini membuat tuas di bagian bawah itu menjadi lebih panjang. Hasilnya, saat menarik kopling akan terasa lebih ringan.

 

HandMade@MNUGROHO


Artikel Terkait

Viewer : 357 User: