Berbagai Macam Variasi Motor Trail


tanggal post : 15 July 2015
Berbagai Macam Variasi Motor Trail

Di pasaran motor trail terdapat beberapa jenis tipe motor yang semuanya memiliki spesifik berbeda-beda. Pabrik motor trail mengeluarkan berbagai sepesifikasi motor untuk melayani berbagai kebutuhan seperti balapan, penunjang kerja, dan lain sebagainya.

Jenis Motor Trail

1. Jenis Motor Trail - Special Race (SE)

Motor trail jenis ini diproduksi untuk kebutuhan kompetisi balap motor cross, pabrikan mengeluarkan aneka macam mesin, 50 cc, 100 cc, dan 250 cc. Pabrikan motor juga mengeluarkan motor trail nonrace guna menunjang mobilitas di tempat-tempat pedalaman, pertanian, maupun hutan.

2. Jenis Motor Trail - Supermoto

Supermoto adalah motor hasil mixing dari motor trail dengan motor sport road race. Bodinya dan suspensi masih mengadopsi motor trail dengan namun untuk roda-rodanya menggunakan ban halus layaknya ban untuk road race. Supermoto merupakan cabang balapan motor cross yang memadukan medan lintasan jalan aspal dan medan off road beserta lintasan jumping-nya.

3. Jenis Motor Trail - Mini Trail

Mini trail merupakan jenis motor trail yang dipakai untuk anak-anak. Bodi motor trail jenis ini lebih kecil, kapasitas mesin pun tak besar hanya 50 cc maksimal 100 cc saja. Ground clereance dengan tanah pun dibuat rendah. Fungsi mini trail adalah sebagai media melatih anak-anak mengenal olahraga motor sedini mungkin.

4. Jenis Motor Trail - ATV

ATV kepanjangan dari All Terrain Vehicle, artinya kendaraan segala medan. ATV merupakan hasil pengembangan modifikasi dari motor trail. 

Spesifikasi ATV antara lain:

Kapasitas mesin lebih besar kisaran 150 – 400 cc.
ATV memiliki empat roda dengan suspensi independen di keempat titik.
Setang kendali berupa raise bar seperti setang motor trail.
Kapasitas tangki mampu menampung 20 liter bensin.
ATV mampu berlari di segala medan, empat ban bergerigi menjadikan ATV nyaman berjalan di tanah dan lumpur.

5. Jenis Motor Trail - Enduro Adventure

Motor trail jenis enduro adventure dipakai untuk kegiatan touring yang menempuh medan ekstrem, dan perjalanan panjang. Spesifikasi motor endure antara lain kapasitas mesin lebih besar dari SE, suspensi lebih besar dan keras, karakter alur gerigi pada kedua roda lebih kecil. Event rally terberat seperti Rally Paris Dakkar, menempatkan motor trail jenis enduro adventure di kelas rally motor. Yang diikuti oleh team-team rally dari pabrikan ternama.

 

HandMade@MNUGROHO


Artikel Terkait

Viewer : 769 User: