5 Hal yang Harus Diteliti Ketika Belanja Online


tanggal post : 01 July 2015
5 Hal yang Harus Diteliti Ketika Belanja Online

Hai Sobat Danmogot ! Baru-baru ini dunia maya dihebohkan dengan berita seseorang yang tertipu belanja online. Niatnya beli iPhone 6, yang dateng malah sabun batangan. Sebenernya ini bukan cerita baru sih, karena udah banyak juga kasus penipuan di online shop, Roy Suryo aja pernah kena. Masalah iPhone 6 jadi sabun batangan ini sih konon katanya ada muatan politiknya gitu. Tapi terlepas dari politik atau nggak, resiko kena tipu saat belanja online mah ada aja. Oleh karena itu Danmogot akan berbagi tips mengenai hal-hal yang harusanda lakukan ketika akan belanja online 

  • Pasar Online Shop

onlineshop

Hal pertama yang harus anda teliti ketika akan membeli barang lewat online shop yang jelas adalah tempat dimana anda akan membeli atau website-nya. Sekarang sudah banyak tersedia website yang menyediakan jasa jual beli barang via online. Nah anda harus memperhatikan tuh si website apakah udah punya nama atau belum. Karena kalau website jual beli online yang namanya aja masih rada aneh ditelinga, kemungkinan kena tipu akan tinggi banget. Kalau mau aman sih belanjanya di tempat yang emang udah terkenal banget.

Trus, kita juga harus perhatiin tuh website online shop-nya basisnya di Indonesia atau ada di luar negeri, karena kalau di luar negeri pastinya sistemnya agak sedikit lebih ribet. Oiya, yang harus kita ingat adalah gak mesti juga website jual beli luar negeri itu selalu bagus, karena banyak juga yang tipu-tipu. Pokoknya pilih website yang udah terpercaya aja deh.

  • Rekam Jejak Penjual

onlineshop

Nah kalau udah dapat website yang aman dan nyaman buat belanja online, maka hal berikutnya yang harus kita perhatiin adalah penjualnya. Yap, kita harus tau rekam jejak penjual. Kita harus teliti banget nih untuk hal ini. Yang harus kita lakukan adalah

Cek Profile Penjual

Sama halnya kalo kita mau stalking orang di social media lainnya, maka dalam halnya belanja online kita pun harus stalking si penjual. kita buka deh tuh profile si penjual, karena kalo dia bener-bener mau jualan maka dia akan ngasih informasi yang sangat lengkap di situ. Trus alangkah lebih baik sih kita beli dari orang yang emang udah malang melintang cukup lama di website jualan online tersebut. Lebih terpercaya gitu deh.

Liat Komen-Komen Orang

Dalam website jual beli online kita bisa ngasih komen ke orang yang jual semacam kalau kita ngereview sebuah tempat makan di social media berbasis makanan gitu deh. Nah kalau komentar-komentar orang di profile penjual tersebut udah jelek, mendingan sih kita cari penjual lain aja. Oiya, kalau komennya banyak yang bagus juga kita harus teliti lagi sih, karena bisa aja itu yang komen sebenernya orang yang jualan juga tapi pake akun lain. Jadi kalau bisa kita buka juga sekalian deh profile pembeli yang pernah komen di akun penjual tersebut buat lebih sahih.

Rating Penjual

Sistem rating ini sebenernya jadi mempermudah kita buat mengetahui apakah penjual yang pengen kamu beli barangnya terpercaya tau nggak. Nah kalau rating si penjual ternyata udah tinggi, misalnya dapet bintang 4 atau 5, maka kita boleh deh lebih percaya beli sama penjual tersebut.

  • Barang yang Dijual

online shop

Kalau ada yang bilang beli online shop itu semacam beli kucing dalam karung sebenernya gak salah sih, karena gimanapun juga kita enggak bisa ngeliat secara langsung barang yang dijual. Eh kita bisa liat sih, tapi kita gak bisa megang dan ngecek gitu deh barangnya. Nah oleh karena itu sebelum klik tombol beli di online shop ada baiknya sih kita memperhatikan dengan seksama barang yang dijual. Kan biasanya penjual itu bakal nyantumin foto-foto barang yang dijual tuh, dan kalau penjualnya emang beneran ngejual enggak mau tipu-tipu dia bakal kasih spesifikasi secara rinci barang yang dijual, termasuk kerusakan pada barang (kalau barang second).

Ini yang harus kita hati-hati. Terkadang penjual itu gak upload foto hasil jepretan dia langsung melainkan foto yang udah ada di internet. Makanya kamu kadang akan nemuin tuh foto yang sama di beberapa penjual yang emang jualannya sama. Kalo kasusnya seperti itu, kita harus hati-hati dan coba lakuin poin 1 dan 2.

  • Harga Barang

online shop

Salah satu yang menarik dari online shop adalah kamu bisa nemuin barang dengan harga yang miring. Tapi ingat, walaupun miring bukan berarti harganya jadi tengkurep gitu sih. Misalnya nih kita mau beli iPhone 6 di online shop. Trus kita nemuin nih ada yang jual tuh iPhone 6 dengan harga yang sangat memukau, Rp 1.500. kita beli deh. Trus beberapa hari kemudian dateng deh tuh barang yang kita beli. Eh pas kita buka isinya sabun Nuvo. Berhak gak kita marah karena ngerasa ketipu? Ya berhak aja sih. Tapi kalo kemudian kita posting penipuan ini di social media, bukan gak mungkin kita malah yang balik diketawain. Ya kali deh ada yang jual iPhone 6 cuma serebu lima ratus perak! Bautnya aja masih lebih mahal dari itu ! Makanya, penting banget tuh kita buat tau pasaran harga barang sebelum kamu beli di online shop. Tau harga asli yang dikeluarin sang produsen sama tau harga tertinggi dan terendah yang dijual orang-orang di internet.

  • Proses Transaksi

onlineshop

Nah ini yang terakhir dan paling penting. Setelah kamu udah ok sama 4 poin di atas, maka selanjutnya kita harus tau gimana proses transaksinya. Sekarang ini sih website jual beli online itu rata-rata udah pake sistem bayar dulu baru kemudian barang diantar. Nah kalo kita belinya dengan sistem ini, maka yang harus kita tau ada gak tuh jaminan dari website bersangkutan untuk melindungi konsumennya. Jadi kalau ternyata barang yang kita beli itu gak sesuai dengan yang tertera di website atau mungkin barangnya gak kekirim sama sekali, uang kita bisa dikembaliin 100%. Nah kalau ternyata website tempat kita belanja online gak bisa ngasih klausul tersebut, ya kita mesti hati-hati juga sih.

Sebenernya sih bakal lebih enak belanja online itu kalau proses transaksinya bisa dilakukan secara cash on delivery (COD). kita masih bisa liat dulu tuh barang-nya sebelum kamu bayar.

Demikianlah tips belanja online yang harus kita perhatikan sebelum akan membeli barang. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa kalau anda butuh belanja barang-barang murah, berkualitas dan terpercaya, hanya Danmogot tempatnya.

 

Redaktur Rizky Ramadhansyah @Danmogot


Artikel Terkait

Viewer : 212 User: