Pentingnya Saringan Udara Pada Kendaraan


tanggal post : 09 June 2015
Pentingnya Saringan Udara Pada Kendaraan

Filter adalah spare parts yang penting, berfungsi sebagai penyaring kotoran, debu, dan partikel lainnya yang masuk dalam aliran sistem. Sistem yang ada adalah sistem pelumasan, sistem pembakaran (pada engine), sistem hidrolik. Salah satunya adalah filter udara. Mungkin banyak sekali yang menyepelekan kegunaan dari filter udara. Tapi tahukah anda kalau filter udara adalah komponen yang sangat penting dalam kendaraan ? 

Perlu di ketahui bahwa fungsi filter udara untuk kendaraan adalah menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran agar selalu dalam keadaan bersih. Udara yang sudah disaring akan terhisap ke ruang pembakaran bersamaan dengan bahan bakar untuk diolah di dalam dapur pacu motor. Setelah itu akan timbul sisa pembakaran.Pada motor Honda kita sisa itu akan dialirkan ke ruang cylinder (CECS ) untuk merubah zat racun karbon monoksida (CO) menjadi Karbondioksida (CO2) dan Hydro Carbon (HC) menjadi dan Air (H2) yang lebih ramah lingkungan

fiter udara

Filter udara telah dirancang untuk menyaring kotoran dengan ukuran tertentu sehingga memang harus secara periodik harus diganti karena pori-pori kertas filter akan semakin banyak yang tersumbat seiring dengan umur filter udara tersebut. Filter udara telah dirancang untuk menyaring kotoran dengan ukuran tertentu sehingga memang harus secara periodik harus diganti karena pori-pori kertas filter akan semakin banyak yang tersumbat seiring dengan umur filter udara tersebut. Filter udara terdiri dari 2 bagian yaitu bagian dalam (inner) dan bagian luar (outer). Bagian dalam dari filter (inner) tidak boleh dibersihkan sedangkan bagian luar (outer) dapat dibersihkan secara periodik (setiap interval 250 hm, dengan maksimal 6 kali pembersihan dan setelah itu ganti baru).Lingkungan kerja unit sangat mempengaruhi cepat atau lambat tersumbatnya pori pori yang ada pada filter udara. Untuk unit yang beroperasi di daerah berdebu tentunya perlu lebih sering membersihkan filter udara ini.

Masih merasa filter udara tidak terlalu penting ? Apakah anda pernah membayangkan bagaimana jika partikel-partikel kotor masuk kedalam mesin kendaraan anda secara langsung ? Berikut gambaran apa yang terjadi pada mesin jika hal tersebut terjadi.

  • Permukaan kontak valve pada cylinder head akan meleleh, bopeng ataupun  retak.
  • Permukaan bagian bawah (valve head) pada cylinder head akan membentuk cekungan.
  • Stem valve mengalami keausan yang tidak normal, yaitu keausan yang berbentuk lingkaran - lingkaran maupun keausan bertingkat yang nampak dari permukaan luar.
  • Merusak lapisan stand by oli pada dinding cylinder liner, akibatnya akan timbul gesekan sepanjang dinding cylinder liner. Gesekan ini akan membentuk goresan dan gerusan sepanjang piston ring dan dinding cylinder liner.
  • Merusak lapisan stand by oli pada dinding cylinder liner, akibatnya akan timbul gesekan sepanjang dinding cylinder liner. Gesekan ini akan membentuk goresan dan gerusan sepanjang piston ring dan dinding cylinder liner.

Sangat fatal bukan ? karenanya jagalah filter udara anda agak tetap baik dan berfungsi dengan baik.

saringan udarasaringan udara

Redaktur : Rizky Ramadhansyah @danmogot


Artikel Terkait

Viewer : 266 User: