Bingung Memilih RC Helicopter ? Berikut Ulasannya


tanggal post : 02 June 2015
Bingung Memilih RC Helicopter ? Berikut Ulasannya

RC Helicopter merupakan mainan anak-anak yang saat ini banyak diminati oleh orang dewasa juga. Karena bentuknya yang unik layaknya heli sungguhan, membuat kita ingin rasanya segera memilikinya. Saat ini RC Helicopter sudah banyak beredar dipasaran dengan model yang bermacam-macam juga. berikut saya ulas beberapa spek heli yang cocok untuk pemula.

1. Double blade atau Single blade ?
Double blade yaitu heli yang mempunyai dua baling-baling yaitu baling-baling atas dan bawah, sangat stabil dan mudah dimainkan serta cocok untuk didalam ruangan (indoor) karena heli jenis double blade ini gak tahan kalo kenak angin jadi kurang cocok untuk dimainkan diluar ruangan (outdoor).
Single blade yaitu heli yang cuma punya satu baling-baling saja. Kelebihannya heli jenis ini kuat menahan angin, jadi cocok untuk dimainkan diluar ruangan (outdoor). Kekurangannya heli single blade ini agak sulit dimainkan jadi butuh latihan buat memainkannya.
Saran saya kalo buat pemula mendingan pilih yang jenis Double blade aja biar gak terlalu sulit dimaininnya.

2. Channel
Berikut perbedaan RC Helicopter menurut jumlah channel (ch)
2 ch : naik/turun, putar kiri/kanan
3 ch : naik/turun, putar kiri/kanan, maju/mundur
4 ch : naik/turun, putar kiri/kanan, maju/mundur, kesamping kiri/kanan
6 ch : naik/turun, putar kiri/kanan, maju/mundur, kesamping kiri/kanan, terbang terbalik 

Untuk 3.5 channel atau 5 channel biasanya hanya ada penambahan lampu yang bisa dihidup matikan dari remote control atau dual speed
Saran saya kalo untuk pemula pilih yang 3 ch atau yang 4 ch gan, karena lebih mudah dikendalikan dan biasanya semakin tinggi channelnya juga semakin mahal harganya brader..Kalo sudah mahir 3 ch atau 4 ch baru bisa beralih ke 6 ch.

3. Gyroscope atau non Gyroscope
Gyroscope adalah komponen yang bertugas mengatur kestabilan heli, dan rata2 heli yang keluar sekarang sudah dilengkapi gyroscope system sehingga lebih mudah dikendalikan. Saran saya pilih heli yang sudah dilengkapi Gyroscope.

4. Mini, Medium, atau Big size
Pilihan mini, medium atau big size tergantung dana dan juga tempat memainkan helinya, yang jelas semakin besar helinya harganya juga semakin mahal, dan ruangan tempat memainkannya juga sesuai dengan helinya, kalo heli yang big size ga memungkinkan dimainkan didalam ruangan karena ukurannya yang besar, sedangkan heli ukuran mini lebih enak dimainkan di kamar gan, dan spare partnya juga pastinya lebih murah dibanding yang big size. Apalagi buat pemula saya saranin beli yang mini aja karena kalo crash ga nangis bombay gan.

Kesimpulannya memainkan RC helicopter ini bisa dibilang gampang-gampang susah, dan yang pasti ada pengorbanan dana kalo terjadi kerusakan.. Jadi pilihan tergantung agan-agan sekalian hehe..!

Redaktur : Armansyah @ danmogot


Artikel Terkait

Viewer : 221 User: