Tips Memilih Ban Trail


tanggal post : 28 May 2015
Tips Memilih Ban Trail

Ban offroad memang khusus digunakan untuk motor yang digunakan untuk berpetualang atau menjelajah di medan yang menantang seperti pegunungan atau alam liar. Pemilihan ban offroad yang tepat untuk motor trail atau motor cross kesayangan anda adalah hal yang sangat penting selain mengecek kondisi mesin.

Memilih ban untuk adventure motor trail tidak boleh sembarangan karena berpengaruh pada kenyamanan ataupun kestabilan motor dan bahkan bisa menyebabkan kecelakaan yang diakibatkan oleh tergelincir di lintasan yang tidak rata (offroad). Selain itu kondisi offroad tidak bisa ditebak, sehingga faktor keamanan pengendara menjadi perhatian lebih. Berbeda dengan kondisi jalan onroad dengan permukaan yang halus.

Tipe ban off-road sendiri dibagi menjadi 3 tipe yaitu Hard, Intermediate dan Soft. Bila anda memiliki budget berlebih, tidak ada salahnya jika memiliki semua jenis ban tersebut karena ini menyangkut masalah kepuasan dari sebuah hobi adventure. Namun, bagi anda yang memiliki dana terbatas pilihan terbaik adalah memilih ban tipe intermediate.

Ban offroad tipe intermediate merupakan yang paling cocok digunakan untuk segala medan baik medan berbatu, berlumpur, becek atau basah. Selain itu tipe ban intermediate juga handal digunakan di kondisi jalan yang licin dan keras seperti daerah perkebunan dengan lintasan yang tidak rata.

Dibawah ini ada beberapa merk ban yang biasanya menjadi pilihan para biker yang doyan adventure dengan motor trail atau cross di Indonesia yaitu Bridgestone M403 dan M404, Dunlop tipe Geomax MX51 dan Maxxis tipe Maxx Cross IT. Salah satu varian motor yang menggunakan ban off-road dan banyak digunakan di Indonesia adalah seri Kawasaki KLX 150 ataupun 250.


Artikel Terkait

Viewer : 303 User: