tips dan trik Sukses membangun Bisnis Online


tanggal post : 29 April 2015
tips dan trik Sukses membangun Bisnis Online

Bisnis online sekarang semakin banyak dilakukan oleh masyarakat. membuka peluang percepatan transaksi bisnis. dan bisa dikatakan proses built up tanpa modal. tetapi, Ada yang sukses dan ada pula yang mengalami kegagalan. Tentu yang kita harapkan dari apa yang kita lakukan adalah meraih sukses, bukan kegagalan. Begitu bukan?

Bisnis online ada yang melalui dengan cara berbayar dan gratisan. Jika anda memiliki modal, saya anjurkan untuk memakai layanan berbayar, karena dapat dengan cepat meningkatkan popularitas dan produktifitas. Tapi tentu butuh modal yang banyak bukan ?

Bagi anda yang masih pemula dan ingin memulai usaha online apalagi yang belum memiliki senjata sama sekali ( modal, jaringan , dll ) bagaimana langkah awal yang harus kita persiapkan untuk bersaing dengan para pengusaha online yang memiliki modal ?

Berikut ini adalah rumusan bisnis online maupun offline berdasarkan pengalaman 16 tahun beliau berbisnis di Australia dari seorang LEADER danmogot.com.

Pertama, Rumuskan tujuan utama

Rumuskan tujuan yang kuat ketika anda mulai menjalani bisnis online dengan serius. Tujuan yang kuat dapat dijadikan patokan serta sumber motivasi ketika ditengah jalan ada godaan yang menerpa bisnis anda. Tujuan ibarat sebuah rel, tetaplah berada dijalur yang telah anda tetapkan, sampai apa yang menjadi tujuan anda tercapai.

Kedua, Lakukan Pemetaan pasar

Didalam berbisnis, jangan hanya berfikir bagaimana produk kita laku di masyarakat. Tapi lakukanlah survey seberapa besar kebutuhan masyarakat terehadap produk yang akan kita jual, pendapatan masyarakat, berapa persen pembagian antara masyarakat kelas atas, menengah dan masyarakat kelas bawah. Jangan terlalu memaksakan produk kita agar dibeli masyarakat. Fokuslah pada tujuan atau manfaat produk anda di masyarakat.

Ketiga, Fokus pada pekerjaan anda

Fokuslah pada pekerjaan anda. Jika fokus, anda telah memberikan 100% kemampuan anda pada usaha atau bisnis online yang anda lakukan. Kuatkanlah diri anda agar terhindar dari hal-hal yang dapat mengganggu fokus anda pada bisnis yang anda jalankan

Baca juga :  Belajar dari revolusi industri China  

Keempat, Perluas jaringan anda

Di dunia bisnis, jaringan kerja merupakan aset yang sangat berharga. Membangun maupun memperluas jaringan membutuhkan kerja keras. Kita harus dapat membangun komunikasi yang baik dalam berinteraksi dengan teman, kawan, rekan kerja, maupun para pengunjung blog kita. Mempelajari bermacam karakter manusia juga diperlukan agar komunikasi semakin lancar .

Kelima, Ambillah resiko bisnis

Dalam setiap pekerjaan dimanapun, resiko pasti selalu ada. Resiko identik dengan kerugian, kesusahan, dan sejenisnya. Akan tetapi, buatlah resiko yang anda ambil sebagai pelajaran untuk berani mencoba, melangkah dan beraani mengambil sebuah keputusan. Jadi, persiapkan diri anda dan lakukan tindakan untuk mengurangi resiko pada bisnis yang anda jalankan.

Keenam, Jangan pernah menunda pekerjaan

Lawan rasa malas anda, lakukanlah pemetaan pada setiap proses bisnis yang anda lakukan dan segeralah lakukan. Jika anda menunda pekerjaan, berarti anda memperlambat kemajuan bisnis anda. Setiap pekerjaan bagian awal adalah yang terberat, setelahnya anda tinggal menjalaninya saja.

Ketujuh, lakukan Inovasi

Inovasi akan membuat bisnis anda lebih cepat berkembang, setiap usaha kreatif akan lebih di perhatikan oleh masyarakat. Jadi jika lawan bisnis anda berinovasi 3 step, anda harus melakukan inovasi lebih dari itu. Ide atau inovasi dapat anda temukan dimana-mana. Yang perlu anda lakukan adalah, mencatatnya dan lakukanlah.

Kedelapan, Utamakan Nama/brand bisnis anda

Dalam  1-3 tahun awal, fokuskan pada kemajuan brand yang anda bawa. Berilah pelayanan maksimal anda kepada masyarakat dalam bentuk apapun. Proses ini terkadang mebuat kita sedikit mengesampingkan profit. Jika brand anda sudah tertanam dalam benak masyarakat sebagai brand terbaik, kedepannya anda akan lebih mudah dalam menjual produk atau jasa anda.

Dan yang terpenting adalah perbaiki ATTITUDE anda. Apa itu attitude ?

Attitude adalah sikap, tingkah laku atau perilaku seseorang dalam berinteraksi ataupun berkomunikasi dengan sesama manusia. Attitude itu sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang bersikap sopan santun, belum tentu memiliki attitude yang bagus. Sebaliknya, seseorang yang memiliki atttitude tinggi, belum tentu juga memiliki sikap sopan santun. Jadi diperlukan sikap keseimbangan antara "attitude" dan "sopan santun" agar kita bisa menjadi orang yang bermoral baik.

Attitude bekerja dengan hati nurani. Apabila attitude diterapkan pada kehidupan sehari-hari, kita mendapatkan tanggung jawab yang besar akan hasil dan menimbulkan pengaruhnya kepada masyarakat. Sama halnya dengan IQ dan EQ. Keduanya mesti seimbang, apabila salah satu lebih besar akan berakibat buruk.

Semoga Info (tips dan trik) dari tim kami  bisa bermanfaat untuk kita semua. 

“Jadilah seorang pebisnis yang bermoral tinggi”

“Ketika anda menyelesaikan masalah terbesar, maka anda akan jadi orang besar”

 

redaktur : akhmad khasan @ danmogot.com 


Artikel Terkait

Viewer : 197 User: