Tips Bermotor Saat Musim Hujan


tanggal post : 26 November 2015
Tips Bermotor Saat Musim Hujan

Di penghujung akhir tahun, Indonesia telah memasuki musim penghujan. Musim hujan ini basanya akan terjadi sampai awal tahun. Tentunya kita akan banyak diuntungkan memasuki musim ini. Namun bukan berarti tidak ada hambatan. Bagi Anda para pengendara sepeda bermotor sebaiknya meningkatkan kewaspadaan Anda saat berkendara. Jalanan akan menjadi licin pada saat hujan. Jarak pandang pun akan semakin terbatas, terutama saat terjadi hujan deras yang disertai dengan badai. Waspada adanya petir oun harus diperhatikan karena petir menyimpan kekuatan tersendiri.

Bermotor dengan Aman

Berikut beberapa tips untuk para pengendara motor agar dapat berkendara dengan aman saat musim hujan:
  1. Pemilihan ban sepeda motor. Pastikan Anda menggunakan ban sepeda motor yang baik dan tidak botak. Ban botak akan membuat sepeda motor menjadi tidak nyaman saat dikendarai. Pelajari baik-baik tipe ban sepeda motor yang cocok untuk kendaraan Anda.
  2. Menurunkan tekanan angin ban.  Kondisi jalan akan berair pada saat hujan. Dengan kondisi seperti ini, tidak seluruh permukaan ban akan menempel pada aspal. Keadaan inilah yang sering membuat roda sepeda motor selip. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menurunkan tekanan angin ban.
  3. Mengemudi Santai. Saat hujan, bukan hanya air saja yang Anda tempuh dalam perjalanan. Debu dan kotoran akan bercampur dengan air. Hal ini menyebabkan kondisi jalan akan menjadi semakin licin sehingga rem sulit mendapatkan cengkraman. Melaju perlahan akan membuat Anda terhindar dari kecelakaan.
  4. Hindari multitasking. Kewaspadaan ekstra sangat diperlukan saat brkendara dalam kondisi hujan. Jika harus mengganti gigi, lakukanlah sebelum membelok.
  5. Sediakan mantel. Mantel hujan adalah baju wajib saat hujan. Jas hujan atau mantel bisa yang model celana, ataupun model terusan. Mantel Anti Hujan dari danmogot.com bisa menjadi pilihan Anda.

Artikel Terkait

Viewer : 103 User: