Teks makna sejarah Sumpah Pemuda


tanggal post : 27 October 2015
Teks makna sejarah Sumpah Pemuda

Dilelang.id Setiap tanggal 28 oktober Bangsa indonesia mengenang dan memperingati Hari Sumpah Pemuda . Di tahun 2015 ini hari sumpah pemuda jatuh pada hari rabu 28 oktober 2015 . Sumpah Pemuda merupakan puncak lahirnya  kesadaran nasionalisme pemuda kita di penghujung abad ke-19 untuk mewujudkan mimpi Indonesia merdeka. teks makna sejarah Sumpah PemudaSumpah Pemuda Sudah ada sejak tanggal 28 Oktober 1928 sampai saat ini 28 oktober 2015.Sejarah indonesia sebelum merdeka dari penjajah dan semangat rasa nasionalisme kita terhadap Bangsa Indonesia semakin tinggi. Singkat cerita sumpah pemuda dilakukan 28 Oktober 1928 di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106 yang ditulis Moehammad Yamin ketika Mr. Sunario, dan rumusan itu kemudian di bacakan saat penutupan rapat oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.

masih ingat anda isi dari sumpah pemuda ? Isi dari rumusan Sumpah Pemuda : PERTAMA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).

KEDOEA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).

KETIGA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

Pemuda dan generasi muda sangat penting dalam perubahan bangsa  .inspirasi dan kreasi dari setiap pemuda setiap bangsa mengalami perbedaan seiring dengan perkembangan zaman . Pemuda sangat diharuskan dalam secara ideologi menjadi golongan yang kritis adaptif serta sanggup melahirkan ide-ide baru yang dibutuhkan masyarakatnya. Pemuda juga berperan dalam menentukan arah kehidupan bangsa.

Pemuda pada angkatan sebelumnya  1928 sukses menggalang ideologi persatuan nasional: "Satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia," dan pemuda di era sekarang ini diharapkan mampu memerankan dirinya sebagai lokomotif gerakan reformasi mental korup, diskriminatif dalam penegakan keadilan hukum dan hak asasi manusia (HAM), sekaligus mendorong penguatan demokratisasi, pertumbuhan ekonomi, dan kemajuan peradaban bangsa.

Model membela negara di zaman orde baru dengan nama Penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) yang bertujuan menghayati dan mengamalkan Pancasila. Untuk pada esa zaman sekarang ini memerlukan kreativitas baru dalam penguatan rasa bela negara dengan mengontekskannya dengan isu-isu aktual yang tengah dan akan dihadapi pemuda Indonesia di era globalisasi ini memperkuat basis pemahaman akan ancaman bangsa Indonesia baik internal maupun eksternal perlu dilakukan.

Pemerintah juga harus ikut terlibat dalam model membela negara dalam mengambil kebijakan dan pendanaan yang dapat dilakukan untuk memperkuat dan mempertebal pemuda kita dalam bela negara menuju Indonesia yang kuat.

Bagaimana pendapat anda Silakan tulis pendapat anda pada kolom comment di bawah ini.anda boleh silahkan shared ya ke twitter dan facebook ya terima kasih.

Anda  bisa ikutan lelang barang di www.dilelang.id dengan bid penawaran dimulai Rp.1  untuk cara mengikuti lelang bisa kunjungi web kami  dan jadilah pemenang lelang

https://youtu.be/zGiGoJqofwk


Artikel Terkait

Viewer : 153 User: