pasukan elite terbaik di dunia


tanggal post : 06 October 2015
pasukan elite terbaik di dunia

dilelang.id Pasukan khusus atau pasukan operasi khusus atau pasukan elite adalah satuan militer yang dibentuk dan dilatih untuk melakukan misi perang non-konvensional, anti-teroris, pengintaian, aksi langsung, dan pertahanan luar negeri. Pasukan khusus biasanya terdiri dari kelompok kecil yang sangat terlatih, yang dipersenjatai dengan senjata khusus, yang bekerja secara mandiri, siluman, dengan kecepatan tinggi, dan dengan kerja sama yang dekat. Pasukan khusus juga sering diberi tugas melatih satuan militer luar negeri, jadi dibutuhkan juga keahlian budaya dan bahasa.

PASUKAN ELITE INDONESIA TERBAIK DI DUNIA
1. DENBRAVO-90 : (1 Prajurit DENBRAVO-90 = 5 Prajurit TNI)
2. KOPASSUS : (1 Prajurit KOPASSUS = 8 Prajurit TNI)
3. KOPASKA : (1 Prajurit KOPASKA = 24 Prajurit TNI)
4. YONTAIFIB : (1 Prajurit YONTAIFIB = 24 Prajurit TNI)
5. DENJAKA : (1 Prajurit DENJAKA = 120 Prajurit TNI)

Detasemen Bravo 90 (disingkat DENBRAVO-90) dibentuk   oleh Korps Pasukan Khas TNI-AU pada 1990,Konsep pembentukannya merujuk kepada pemikiran Jenderal Guilio Douchet : Lebih mudah dan lebih efektif menghancurkan kekuatan udara lawan dengan cara menghancurkan pangkalan/instalasi serta alutsista-nya di darat daripada harus bertempur di udara.
Pelatihan DENBRAVO-90 selama 9 bulan dan salah satu latihannya yaitu diterjunkan dari pesawat pada malam hari dengan ketinggian 10-12 km diatas permukaan tanah untuk menghindari terdeteksi dari musuh dengan dilengkapi pakaian yang bersayap dan serba canggih.
Kemampuan 1 orang DENBRAVO-90 setara dengan 5 orang TNI.

Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS ) bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. KOPASSUS memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. beberapa operasi yang dilakukan oleh KOPASSUS diantaranya adalah operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur, operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand (Woyla), Operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, serta berbagai operasi militer lainnya. Dikarenakan misi dan tugas operasi yang bersifat rahasia, mayoritas dari kegiatan tugas dari pada satuan KOPASSUS tidak akan pernah diketahui secara menyeluruh.

Komando Pasukan Katak KOPASKA didirikan 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya. KOPASKA berkekuatan 3.000 prajurit. Satu grup di Armada Barat di Jakarta, dan satu grup di Armada Timur di Surabaya. Tugas utama mereka adalah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai dan operasi pendaratan kekuatan amfibi.
KOPASKA dilengkapi senjata dan kendaraan bawah air tekhnologi tercanggih dari seluruh dunia, pelatihan KOPASKA selama 9 bulan dan berenang tanpa henti melewati Selat Sunda sejauh 30 km dan prajurit KOPASKA diluncurkan melalui lubang torpedo kapal selam.

Batalyon Intai Amfibi YONTAIFIB
Untuk menjadi anggota YONTAIFIB, calon diseleksi dari prajurit marinir yang memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, dan telah berdinas aktif minimal dua tahun.
Salah satu program latihan bagi siswa pendidikan YONTAIFIB, adalah berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat, sejauh 6 km di Selat Madura.

Detasemen Jala Mangkara (DENJAKA)
DENJAKA adalah satuan gabungan antara personel KOPASKA dan YONTAIFIB Korps Marinir TNI-AL. Anggota Denjaka dididik di Bumi Marinir Cilandak dan harus menyelesaikan suatu pendidikan yang disebut PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut). Lama pendidikan ini adalah 9 bulan. Intinya DENJAKA memang dikhususkan untuk satuan anti teror walaupun mereka juga bisa dioperasikan dimana saja terutama anti teror aspek laut.

selain pasukan elite di indonesia di negara lain juga ada yaitu:
SAS inggris
SAS pasukan elite milik kerajaan inggris menjadi salah satu pasukan terbaik dunia .dilengkapi persenjataan canggih dan taktik pertempuran jarak dekat .dapat berperang dalam kondisi amat sulit sekalipun .untuk latihan militer yang amat berat sekali dan kemampuan yang tinggi .

US navy seals amerika serikat
milik militer amerika serikat yang dikenal dengan kemampuan dalam menangani beragam kasus seperti terorisme,  pengintaian ,menyelamatkan sandra,dll.

russian spetsnaz Rusia
russian spetsnaz pasukan elite milik rusia dilatih dengan cara gerilya di hutan memiliki teknik bertahan hidup di alam , bela diri tangan kosong pelatihan menjadi russian spetsnaz sangat berat tidak sembarang tentara dapat menjadi pasukan khusus ini.

japanese special assult forces (J-SAT)
J-SAT didirikan di jepang oleh badan pertahanan jepang melawan gerak gerik teroris dan juga pemberontakan di jepang .

GIGN (special forces of SWAT)
SWAT satu-satu nya team elite yang bernaung dalam satuan kepolisian dunia .SWAT adalah team polisi terbaik , terhebat ,tercerdik dari seluruh polisi dunia yang ada.kehebatan meraka dalam menangani kejahatan , penyandraan , pemberontakan, narkoba, penyelundupan, pembajakan teroris.


Artikel Terkait

Viewer : 78 User: