cara membuat rumah sejuk tanpa AC


tanggal post : 01 October 2015
cara membuat rumah sejuk tanpa AC

Dilelang.id masih banyak beberapa orang yang masih belum menggunakan Air Conditioner (AC) mungkin dalam segi biaya boros listrik atau masih banyak yang lebih penting selain menggunakan AC . nah bagi anda yang belum memasang atau menggunakan AC apapun alasanya tenang saja anda bisa melakukan alternatif lain dengan cara membuat rumah sejuk tanpa AC . cara membuat rumah sejuk tanpa AC

cara membuat rumah sejuk tanpa ACsebenarnya penggunaan Air Conditioner (AC) yang semakin banyak dipakai menjadi salah satu penyumbang kerusakan lingkungan .  Padahal, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penggunaan AC tetapi rumah masih bisa tetap tidak panas dan bahkan terasa sejuk.

Seorang Dosen Arsitektur UNS bernama  Ir. Rahmadi Nugroho, MT mengatakan untuk mendapatkan suasana sejuk tanpa AC di dalam rumah ada beberapa cara yang bisa dilakukan . Cara pertama yaitu memilih lingkungan luar. Dengan suasana rumah memilih lokasi yang dekat dengan area  persawahan atau tempat dengan pepohonan yang banyak sehingga rumah dapat dibuat dengan sejuk akibat suasana dari luar .

atau dengan cara lain pemilih rumah medesign rumah seperti berada di hutan yang sejuk dengan menanam banyak tanaman di luar rumah untuk memberikan rasa sejuk ke dalam rumah. bisa juga dilakukan dengan cara memilih lingkungan hijau dapat menciptakan lingkungan sejuk di luar rumah, sehingga mampu menyejukan suasana dalam rumah

cara kedua pemilihan bahan bangunan selain daripada pemilihan lingkungan luar , pemilihan bahan bangunan juga sangat penting  , untuk mendapatkan rumah anda dalam suasana sejuk sebaiknya memilih bahan yang tidak meneruskan panas, misalnya dengan menggunakan lapisan aluminium foil sebagai pelapis dan dipasang di bawah genteng. Penggunaan plafon  yang tinggi dengan memasang enternit juga akan mengurangi panas, karena udara panas yang terjebak di atas tidak turun lagi.

cara yang ketiga hindari sinar matahari cara yang bisa dilakukan agar rumah tetap sejuk tanpa AC yaitu dengan menghindari  arah pintu atau jendela yang menghadap langsung ke arah datangnya sinar matahari. contohnya kamar utama tidak menghadap ke barat karena panas matahari sore akan menyebabkan ruangan terasa panas.

Rumah anda juga harus memiliki banyak bukaan atau banyak celah ventilasi udara masuk ke dalam rumah yang memungkinkan udara alami masuk serta memberikan sirkulasi udara yang terus menerus masuk dan keluar rumah. ini salah satu solusi rumah dengan langit-langit yang lebih rendah .

cara lain yang bisa dilakukan untuk menyejukkan rumah yaitu dengan menemukan penyebab yang membuat gerah seperti peralatan rumah tangga dapat mengeluarkan panas yang berlebihan , peralatan elektronik dan banyak lagi . anda perlu menata peralatan rumah tangga anda di tempat-tempat yang tidak berpotensi membuat gerah .

BACA JUGA : cangkok-kepala-pertama-di-dunia kegunaan-musik-bagi-kesehatan-kita olahraga-yang-sangat-digemari-dunia yuk-kita-lihat-alat-untuk-diagnosa-penyakit dompet-jangan-letakkan-disaku-belakang-celana efek-mengkonsumsi-kopi inilah-bahaya-tidur-setelah-makan khasiat-bahan-dapur-sebagai-obat makanan-bagi-kesehatan-usus efek-gejala-dan-mengatasi-penyakit-parkinson ketahui-tanda-tanda-seseorang-bunuh-diri buah-buahan-ini-dapat-membentuk-otot tips-cara-sehatkan-jantung makanan-yang-berguna-bagi-kesehatan-mata anda-ambeien-dan-ketiak-bau-atasi-dengan-jeruk-nipis radiasi-smartphone-mempengaruhi-kesehatan 1000-bahaya-menggunakan-sandal-jepit alat-kesehatan-canggih-bisa-temukan-pembuluh-darah yuk-kita-lihat-alat-untuk-diagnosa-penyakit jenis-dan-fungsi-spuit-atau-alat-suntik 1000-tips-menjaga-paru-paru-sehat-selalu gigi-kuning-ingin-putih-atasi-dengan-kulit-jeruk


Artikel Terkait

Viewer : 69 User: