Anda Mengalami Kecanduan Internet, Lihat Tanda-Tanda nya?


tanggal post : 29 June 2015
Anda Mengalami Kecanduan Internet, Lihat Tanda-Tanda nya?

BeliPulsa.id  - Internet sudah bukan lagi barang yang sulit ditemui, terutama di kota-kota besar. Di balik sisi positifnya, internet juga memiliki sisi negatif yakni bisa membuat kecanduan.
 
Pusat kecanduan internet Re-START yang berbasis di Seattle membuat daftar pertanyaan untuk mendiagnosa apakah seseorang kesulitan melarikan diri dari internet. Executive Director Re-START, Hilarie Cash, mengatakan ada 11 tanda-tanda kecanduan internet. Jika setidaknya lima gejala di bawah ini Anda alami, Anda bisa jadi sudah mulai kecanduan internet. 
 
  
 
 
1. Apakah anda merasa lebih baik jika Anda browsing situs favorit Anda? Jika iya, berhati-hatilah. Semakin tinggi euphoria Anda setiap kali terlibat pada segala hal yang menyangkut komputer atau aktivitas internet merupakan pertanda bahwa anda mulai kecanduan. 
 
2. Apakah anda sering menghabiskan lebih banyak waktu di Internet?  Jika anda menginginkan lebih banyak waktu untuk online dan gelisah ketika jauh dari komputer, anda mungkin mulai kecanduan. 
 
3. Apakah anda berusaha mencoba mengontrol penggunaan internet tapi selalu gagal? Kegagalan untuk mengontrol perilaku, termasuk perilaku agresif, merupakan salah satu gejala kecanduan internet.
 
  
 
 
4. Apakah anda sering mengabaikan keluarga dan teman agar bisa menghabiskan waktu di internet? Hati-hati.. Itu pertanda lainnya.
 
  
 
 
Seorang anak 12 tahun terpaksa menjalani terapi kejut listrik di Beijing Military Region Central Hospital untuk mengatasi kecanduan Internet yang dialaminya pada bulan April 2015 silam. Anak laki-laki itu begitu kecanduan dengan internet. Ia menghabiskan empat hari berturut-turut di sebuah kafe internet, hampir tidak makan dan tidur.
 
  
 
 
5. Apakah anda tidak tertarik dengan kegiatan lain di dunia nyata dan lebih senang berada di depan komputer. Penarikan diri dari kegiatan lain merupakan salah satu pertanda anda mulai kecanduan internet.
 
6. Apakah anda berbohong untuk merahasiakan berapa kali anda telah menonton video Susan Boyle? Atau saluran YouTube Bo Burnham? Berbohong tentang aktivitas apa saja yang anda lakukan di internet menunjukkan anda sudah terlalu dalam dengan internet.
 
7. Apakah Internet mengganggu pekerjaan atau tanggung jawab sekolah? Tetap berusaha online walau sedang waktunya sekolah atau belajar mengindikasikan Anda mulai tidak bisa lari dari internet.
 
  
 
 
8. Apakah anda tetap memikirkan Internet saat anda tidak menggunakannya? Misalnya sudah memikirkan apa yang sudah Anda lakukan di internet dan apa yang akan Anda lakukan kalau online nanti?
 
9. Apakah anda berbohong pada anggota keluarga, terapis, atau pihak lain hanya demi lebih sering melakukan aktivitas online?
 
10. Sering begadang sepanjang malam, tidak bisa mengatur waktu online, atau mengorbankan waktu tidur demi bisa online? Perubahan pola tidur merupakan pertanda bahwa ada sesuatu yang salah.
 
11. Apakah anda mengalami perubahan berat badan, atau mengalami sakit punggung, sakit kepala, atau carpal tunnel? Bisa jadi anda mulai tak bisa lepas dari internet.
 
  
 

Bagaimana hasilnya? Semoga saja anda tidak tergolong orang yang menderita kecanduan dunia maya.
Jika anda sudah mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera lakukan tindakan pencegahan.

Cobalah terlibat dalam kegiatan outdoor seperti olah raga, kemping, travelling, bertemu banyak orang, mengikuti klub sesuai hobi, dan banyak lagi. Memang tidak mudah dan membutuh waktu. Semoga bermanfaat bagi pecinta blog ini, terima kasih.
 
 
 
 
Redaktur Reza Ananda 

Artikel Terkait

Viewer : 478 User: