Efek asap bagi kesehatan


tanggal post : 14 September 2015
Efek asap bagi kesehatan

dilelang.id  Beberapa hari ini medan dikabarkan terjadi peningkatan asap berkabut dikarenakan asap dari kebakaran hutan .ini sering terjadi di daerah sumatera dan kalimantan .disamping terjadi kebakaran hutan ditambah lagi munculnya kekeringan yang melanda beberapa daerah di Indonesia karena musim kemarau.

Sudah pasti kabut asap dapat mengganggu kesehatan semua orang , jangankan kabut asap rokok atau asap pembakaran sampah pun mengganggu kesehatan kita baik dalam kondisi sehat maupun sakit.

Gangguan kesehatan akibat kabut asap ini renta cepat sekali menyerang lansia , anak-anak ,gangguan paru dan jantung. Semua bahan yang dapat terbakar akan menghasilkan karbon monosida ( gas CO ) dan karbon dioksida ( gas CO2 ) dalam jumlah besar. Selain itu juga, mengeluarkan zat zat beracun seperti : Nitrogen monoksida dan dioksida, gas sulfur, formaldehida ( dikenal sebagai formalin ), hidrokarbon, partikel dan zat oksidan, serta puluhan bahan beracun lainnya.

Efek asap bagi kesehatan

Nitrogen monoksida dan dioksida , NO2 empat kali lebih berbahaya dari pada gas NO, keracunan gas ini akan menyebabkan kelumpuhan sistem syaraf dan kejang.

Karbon monoksida Kondisi ini berbahaya bagi otot jantung dan pembuluh darah tepi. Pada susunan syaraf dapat menyebabkan kejang kejang dan hilang kesadaran. Pada wanita hamil akan menyebabkan aliran oksigen ke janin berkurang sehingga bayi akan lahir dengan berat badan rendah, keguguran, anak dengan kepintaran kurang ( IQ rendah ). Pada kulit akan cepat menjadi keriput dan kendur

Zat Oksidan as ini akan menyebabkan gangguan pernapasan sampai pembengkakan dan kanker paru paru. Pada susunan syaraf menyebabkan gangguan koordinasi, pusing , dapat juga menyebabkan iritasi mata, hidung dan tenggorokan.

Hidrokarbon : bila dihirup akan mengakibatkan iritasi paru paru dan dalam jangka panjang akan menyebabkan kanker paru paru.

Formalin , gas formalin dapat terhirup dari asap sisa pembakaran. Bila keracunan formalin  timbul mual,muntah, diare, bersih, radang amandel, iritasi hidung, radang dan pembengkakan paru paru. Pada mata akan terjadi iritasi, mata merah, berair, radang selaput mata.

Partikel debu melayang yaitu  campuran berbagai senyawa organik maupun nonorganik di udara, bisa juga bercampur dengan timah hitam. Partikel ini memyebabkan iritasi saluran pernapasan dan iritasi mata.

Kesimpuannya asap apapun itu berbahaya bagi kesehatan . jika anda berada di daerah yang terkena asap akibat kebakaran hutan atau apapun bila anda berada di rumah juka tidak ada  keperluan mendesak tetap di dalam rumah/ruangan, berhenti atau kurangi aktifitas merokok, pemakaian masker bila keluar rumah, memakai helm tertutup atau kacamata, menutup jendela kendaraan, bila ada, hidupkan pendingin ruangan AC .

Bila mengenai paru paru, sesak napas, iritasi mata , kejang atau penurunan kesadaran segera ke Puskesmas, rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat lainnya. Semoga saja tidak terjadi lagi pembakaran hutan dan pemerintah memberikan pengarahan bagi semua pihak tentang pembakaran hutan.


Artikel Terkait

Viewer : 65 User: