tips dan trik aman menerbangkan drone


tanggal post : 09 September 2015
tips dan trik aman menerbangkan drone

dilelang.id Drone atau unmanned aerial vehicles (UAV) sedang lagi digemari oleh masyarakat untuk harganya berfariasi dari barang yang paling murah sampai yang paling mahal di beberapa toko online dan mall di indonesia drone lagi gencarnya jual beli drone dengan berbagai strategi pemasaran drone barang murah dan diskon drone .Salah satu pembinaan yang dilakukan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) terhadap anggotanya adalah mengedepankan akitifitas terbang yang aman dan bertanggung jawab. Pilot-pilot drone yang sudah banyak saat ini pernah memasuki bagaimana cara menerbangkan Drone. Maka Anda adalah salah satu orang yang akan menjadi pilot Drone yang handal di masa mendatang.

Prosedur operasi standar yang harus dilakukan sebelum menerbangkan drone : 1. Melakukan pengecekan drone dan alat pendukungnya dalam keadaan aman. 2. Mengecek lingkungan, mencari sumber potensi gangguan seperti keramaian atau non fisik (gelombang radio atau elektromagnetik). 3. Menentukan wilayah operasi penerbangan dengan Matbar (pengamatan dan penggambaran) lintasan terbang drone. 4. Meminta ijin otoritas berkepentingan jika menerbangkan drone di tempat umum yang berpotensi dapat membayakan dan mengganggu keselamatan. 5. Bila menerbangkan dengan mode GPS, satellite lock sebelum tinggal landas adalah 9 satelit. 6. Bila menerbangkan dalam mode fully autonomous, lakukan simulai terlebih dulu antara flight path dengan kondisi lingkungan sekitar. 7. Kalibrasi kompas dan sensor lainnya sesuai petunjuk manual drone. 8. Lepas landas di tempat yang aman.

tips dan trik aman menerbangkan drone    1. Bacalah buku manual sampai tamat. Terbangkan drone jika area tempat terbang cukup bebas, seperti di lapangan sepak bola atau di atas gedung.

2. Sebelum terbang, pastikan drone berada di permukaan yang rata. Jika memakai absolute control, pastikan cover tablet/gadget di lepas dulu, karena akan mengganggu fungsi kompas yang diperlukan untuk orientasi drone.

3. Hindari daerah yang banyak koneksi Wi-Fi karena akan mengganggu sinyal drone.Install juga aplikasi Wifi Analyzer di gadget, jika ada lebih dari 5 koneksi dan sinyalnya kuat, akan dapat menggangu drone. cirinya : tidak responsif (delay) dan sulit dikendalikan. ang akan menggangu sinyal drone:Jika banyak koneksi wifi, dekat dengan camera wireless,

4. Pantau cuaca. Jika mendung, sebaiknya jangan menerbangkan drone karena drone sulit melawan angin dan hujan.

5. Tidak disarankan terbang malam karena sensor sistem stabilisasi drone tidak berfungsi jika permukaan tanah gelap.

6. Jika ada peringatan baterai akan habis, segera turunkan drone. Jika drone dipaksa terus terbang, hal ini akan memperpendek umur baterai.

7. Hati-hati dengan ranting pohon, kabel listrik atau telepon, dan gedung bertingkat.

8. Dilarang memata-matai privasi orang (meski aturan ini belum jelas di Indonesia) dan terbang di dekat bandar udara. Keselamatan adalah prioritas utama.

9.  Lama terbang bervariasi tergantung muatan dan cara terbang drone, drone rata2 bisa terbang 10 menitan, 9-12 menit. Lama terbang bergantung pada : *Cara terbang, sering terbang hovering (diam di tempat) lebih boros dibandingkan flying (terbang biasa)

*Cara memainkan, jika memainkannya takeoff lalu landing lagi, lalu take off lagi, battery akan cepat habis sehingga lama terbang menurun drastis, karena drone harus     menyimpan tenaga cadangan untuk take-off dan landing. Juga tenaga untuk take off lebih besar. Disarankan take off lalu terbang konstan sampai alarm berbunyi

*Muatan, memakai indoor hull yang lebih berat dari outdoor juga mempengaruhi lama terbang, pemakaian indoor hull di outdoor juga memperpendek lama terbang karena drag dan dorongan angin lebih besar ketimbang outdoor hull. Muatan lain seperti lampu LED modifikasi, custom hull atau pun camera tambahan juga menambah berat beban terbang.

  [embed]https://youtu.be/HoTdK7izUAA[/embed]  

Artikel Terkait

Viewer : 102 User: