Manfaat Cangkang Telur


Manfaat Cangkang Telur

dilelang.id | Cangkang telur biasanya menjadi bagian telur yang tidak bermanfaat dan dibuang. Cangkang telur adalah bagian terluar telur yang berfungsi melindungi telur agar tidak mudah goyah. Cangkang telur biasanya berwarna putih, kuning atau kuning kecoklatan. Sedangkan cangkang pada bagian dalam berwarna putih dan terbungkus oleh membran yang sangat tipis. Hampir semua orang kebiasaan membuang cangkang telur karena menjadi bahan yang tidak bermanfaat. Padahal ada manfaat tersembunyi dari cangkang telur yaitu sebagai alternatif pengusir hama di taman rumah anda. Berikut akan di paparkan cara memanfaatkan cangkang telur untuk mengusir hama:

  • Keringkan Cangkang Telur dan Giling
Biarkan kulit telur kering terlebih dahulu, kemudian hancurkan menjadi bubuk atau serbuk. Lalu, taburkan bubuk kulit telur tersebut langsung pada hama yang ada di taman rumah anda.
  •  Jenis Hama Yang Bisa Diusir
Serbuk kulit telur dapat mengusir dan membunuh beberapa jenis hama, seperti keong, siput, mollusca, kutu dan kumbang. Jika hama itu terkena bubuk kulit telur maka hama tersebut akan langsung menggeliat, berputar-putar  dan akhirnya akan mati.
  • Taburkan Bubuk Pada Daun
Taburkan bubuk kulit telur ke daun tanaman anda yang rusak karena serangan hama. Ini juga merupakan salah satu cara untuk menggunakan kulit telur dalam pengendalian hama. Karena hama akan menjauh dari daun tersebut dan akan membunuh hama lain yang menempel di atas daun. Cara lain untuk menjaga tanaman anda yaitu taburkan bubuk kulit telur di sekitar tanaman anda. Jika hujan turun, maka taburkan lagi bubuknya. Lakukan hal itu berulang kali sampai hama menjauh pada tanaman anda.  

Artikel Terkait

Viewer : 29