Masyarakat Masih Demam Batu Cincin


tanggal post : 27 June 2015
Masyarakat Masih Demam Batu Cincin

BELIPULSA.ID -Belakangan ini fenomena demam batu akik atau hobi lama yang mulai dihidupkan kembali sedang gencar-gencarnya memasuki berbagai elemen masyarakat. Mulai dari para Remaja sampai dengan Orang dewasa seolah sedang berlomba dalam hal mengoleksi Batu Akik ini.
 
Kebanyakan mereka memilih Batu Akik yang sudah diproses menjadi bentuk sebuah Cincin. Dibeberapa tempat seperti pinggiran jalan raya, warung-warung kopi hingga ruangan tamu tidak sedikit juga ditemui sedang membahas, bertransaksi maupun sekedar memamerkan koleksi cincin yang sedang  menempel dijari masing-masing.
 
Bukan Hanya di dunia nyata saja, didunia maya tidak sedikit situs-situs Forum Jual Beli mengalami kenaikan signifikan terhadap Kategori Produk Tipe “Hobi” yang jual bermacam-macam koleksi kerajinan Batu Akik ini, mulai bentuk dari Cincin, Liontin, Gelang ataupun beraneka tipe kerajinan yang lainnya yang juga  terbuat dari batu akik ini. 

Di Jejaring Sosial Media abad ini yaitu Facebook , tidak sedikit pula Grup-Grup Forum Jual Beli berisi banyak postingan Menjual Batu Akik ini, rata rata yang dijual berbentuk Cincin. Di daerah saya yaitu Purwokerto sebenarnya telah lama ada penjual batu akik ini, mungkin kalau ada polling legenda, salah satu penjual terlama dikota ini meurut saya berada di Pertigaan Sawangan, pertama kali saya melihat penjual yang berada di emperan jalan raya di Purwokerto ya penjual itu tadi. Barulah akhir-akhir ini mulai marak Pedagang dadakan yang menggelar Lapaknya di pinggiran jalan raya.
Harga Batu Akik
Di Purwokerto Kabupaten Banyumas ini, harga Batu Akik yang umum dijual mulai dari kisaran 50 ribu sampai Ratusan Ribu kalu sudah berbentuk Cincin, dan ini adalah harga yang sering ditawarkan mereka yang berjualan di pinggiran jalan raya, di Facebook-pun umumnya juga menjual kisaran harga tersebut.
Harga yang amat terjangkau bagi mereka yang memang pada dasarnya hobi dan menyukai dunia perbatuan. Tidak hanya itu saja, disini pun Anda juga akan menemui pedagang yang menjual bahan mentahnya, yaitu batu belum terbentuk dan belum dipoles, harganya-pun bervariasi tergantung jenis batu yang dijualnya.

Trending di Kota Purwokerto kebanyakan tentang Batu Akik dari Kabupaten tetangga yakni Purbalingga. Di Kabupaten ini ada sebuah sungai bernama Kali Klawing yang namanya mulai dikenal diluaran sana sebab akan hasil alamnya yaitu Batu Kali bercorak unik dan artistik.
 
Hasil Batu dari Kali Klawing ini cukup bernilai, dari yang standar terjangkau kisaran Puluhan ribu, sampai dengan harga super Fantastis termahal, Milyaran Rupiah seperti yang pernah dipamerkan di Unsoed pada acara Pameran Gemstone. 

Beberapa Jenis Batu Akik
Dari sekian banyaknaya jenis Batu Akik, yang sering ditemui di kalangan masyarakat umunya adalah jenis bebatuan seperti Batu Akik Kecubung, Kalimaya, Mata Kucing, madu, Bacan, Badar Besi, Onyx, Biduri, dll. Bebatuan tersebut banyak ditemuai dikalangan Pedagang.
 
Untuk batu jenis Emerald, Opal, Ruby mungkin termasuk jenis bebatuan Langka, karena langkanya bahan dasar batuan tersebut, itulah mengapa harga batu langka ini sangal mahal. Jika saja Anda menemukannya anda akan dapat rejeki banyak kalau menjualnya.

 
Redaktur oleh Natalia br Barus

Artikel Terkait

Viewer : 184 User: